Administrasi Terhambat, Bus Baru Belum Dapat Dioperasikan

Administrasi Terhambat, Bus Baru Belum Dapat Dioperasikan

0 964
Dua bus baru Untirta terlihat terparkir di Depan Gedung Rektorat Untirta, Selasa (18/11).

Bidikutama.com – Tanggapi tuntutan mahasiswa yang membutuhkan kendaraan dengan kapasitas besar dan layak pakai untuk berbagai kegiatan, pihak rektorat Untirta akhirnya menambah dua armada bus baru. Kendaraan tersebut direncanakan akan digunakan sebagai pendukung operasional bagi seluruh civitas akademika Untirta.

Kendaraan yang dibeli dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut, hingga saat ini masih belum dapat dioperasionalkan, karena masih terganjal masalah  administrasi dari beberapa pihak yang belum terselesaikan. Dalam pantauan tim Bidik Utama, dua buah bus berwarna biru langit tersebut sudah terparkir di Depan Gedung Rekorat Untirta sejak, Selasa pagi (18/11).

Pihak rektorat melalui kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Untirta, Sutiyo Hendra mengungkapkan pihak rektorat harus menunggu hingga satu tahun untuk inden kendaraan dari salah satu karoseri yang ada di pulau jawa.

“Kita sudah mengajukan sejak tahun lalu, alhamdulillah akhir tahun ini sudah ada kendaraannya. Tinggal tunggu proses administrasi dari beberapa pihak lagi agar dapat digunakan. Semoga dapat berguna bagi civitas akademika lainnya,” ujarnya saat ditemui di ruangannya.

Pria berkacamata ini juga menjelaskan, alasan lainnya tidak dapat digunakannya bus tersebut adalah adanya masalah fisik pada bus yang terjadi saat pengiriman bus menuju kampus Untirta.

“Bagian belakang bus penyok tertabrak saat pengiriman kesini, sehingga harus diganti menggunakan bumper yang baru, jadi kita kirim kembali ke karoseri bagian yang rusaknya. Setelah itu baru bisa kita serah terima,” ungkapnya.

Lanjut Sutiyo, bus ini dapat dipakai oleh  seluruh civitas akademika Untirta untuk melaksanakan kegiatan internal dari kampus dan pengajuan nya sama seperti bus yang ada terdahulu.

“Jadi untuk pengoperasian bus kita bebaskan kepada seluruh civitas akademika, selama berhubungan dengan kegiatan kampus. Kemudian untuk pengajuan masih sama, yang diperlukan adalah pengajuan dari pihak internal yang ingin meminjamnya” tuturnya.

Salah satu mahasiswi Fakultas FISIP Untirta, Rahma pun berkomentar terkait fasilitas baru yang disediakan oleh pihak kampus, melihat kurang besarnya kapasitas bus baru yang disediakan.

“Bagus sih tapi kurang besar aja, mahasiswa Untirta kapasitasnya tiap tahun juga bertambah. Tapi lumayanlah, semoga berguna buat kita semua,” ucapnya.(Angga, Nadiya, Nina/JOB)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply