Aksi Tuntut Pendidikan Gratis

Aksi Tuntut Pendidikan Gratis

0 390
Peserta aksi Aliansi Mahasiswa Banten menuju Kantor Bupati Serang (doc: akun UMC)

Bidikutama.com – Aliansi Mahasiswa Banten (AMB) mengadakan aksi memperingati International Student Day (ISD), kamis (17/11). Aksi dimulai dari depan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) lalu menuju Kantor Bupati Serang sejak pukul sembilan pagi hingga pukul lima sore.

Dalam aksi yang bertemakan Wujudkan Pendidikan Gratis, Ilmiah dan Demokratis memiliki lima tuntutan yaitu yang pertama mencabut Undang-Undang Perguruan Tinggi (UU PT) No. 12 Tahun 2012, kedua pendidikan adalah hak untuk rakyat, ketiga memberhentikan pungli pada proses pendidikan, keempat meningkatkan kualitas tenaga pengajar, kelima realisasikan alokasi anggaran 20% APBN/APBD untuk pendidikan rakyat.

Jonah selaku humas aksi mengatakan salah satu alasan mengadakan aksi ini karena aturan dalam UU PT no. 12 tahun 2012 membuat pendidikan kita menjadi mahal dan menghianati makna pendidikan sebagai hak warga negara.

“Oleh karena itu pencabutan UU PT adalah keharusan sebagai langkah untuk menuju terwujudnya pendidikan gratis ilmiah dan demokratis” lanjutnya.

“Aksi ini dilakukan di berbagai daerah di Indonesia dan juga beberapa negara dengan persoalan sama yaitu kapitalisasi pendidikan” ucap Diego ketika memberikan orasi. (Aya/BU)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply