Alitt Shitlicious: Ide Menulis Bisa Dari Mana Saja

Alitt Shitlicious: Ide Menulis Bisa Dari Mana Saja

0 843
Alitt Shitlicious dan Syafial Rustama saat memberikan materi pada Workshop Nulis Komedi di Auditorium Gedung B Untirta, Kamis (23/10).(Rizhar/BU)

Bidikutama.com – Alitt Shitlicious berbagi ilmu dengan mahasiswa Untirta. Penulis ini menjadi pembicara di Workshop Nulis Komedi yang diselenggelarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia (Diksatrasia) Untirta, Kamis (23/10).

Dalam acara yang diselenggarakan di Auditorium Gedung B Untirta ini, Ia pun banyak berbagi pengalaman. Salah satunya ketika dia mencoba menjadi seorang penulis dan hasilnya bisa mendatangkan keuntungan tersendiri bagi dirinya.

Menurutnya, ide saat menulis bisa berasal dari mana saja. Tak harus dari pengalaman pribadi, namun bisa juga dari pengalaman orang lain. Kejadian tidak mengenakan yang terjadi pun bisa menjadi salah satu ide dasar menulis cerita terutama genre komedi.

Bagi penulis buku Skripshit dan Relationshit ini, buku yang baik itu bisa dimulai dengan coba memperhatikan tatanan kata-kata yang enak untuk dibaca.“Tulisan yang bagus itu harus bisa dibaca tanpa dilewatkan oleh si pembaca. Tulisan yang bagus juga enggak cukup dibaca sekali,” ungkapnya didepan puluhan mahasiswa.

Lanjut penulis asal Yogyakarta ini, yang paling penting, penulis ceritanya harus jujur dengan apa yang mau ditulis. “Jangan ikut-ikutan penulis yang udah punya nama, cuma biar bukunya laku dan jangan mikir keuntungan dulu lah,” ujarnya.

Selain Alitt, salah satu pemateri lainnya yang menyampaikan materi seminar adalah Syafial Rustama, pria ini banyak memberikan cara memulai langkah persiapan menulis hingga membagikan pengalamannya menembus jalur penerbit.

“Menulis itu kita harus cari pengalaman sebanyak-banyaknya dan jangan pernah takut akan kritikan dari orang lain. Kebanyakan penulis pemula sekarang cenderung defensive sehingga cenderung kurang berani. Padahal mental selalu ingin mencoba harus di terapkan terus,” ungkapnya saat memberikan materi.

Peserta yang seluruhnya adalah mahasiswa mengaku puas dengan pelatihan ini. Salah satunya Muhammad. Mahasiswa Jurusan Fakultas Ekonomi Untirta ini mengaku senang mengikuti Workshop Nulis Komedi.

“Materinya seru bisa memotivasi saya untuk berkarya. Saya tertarik dengan pengisi acaranya dan materinya tentunya,” pungkasnya.(Rizhar/BU).

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply