Dekanat dan Mahasiswa FKIP Bahas Bersama Permasalahan Fakultas

Dekanat dan Mahasiswa FKIP Bahas Bersama Permasalahan Fakultas

0 709
Diskusi yang dilakukan antara pihak Dekanat dan mahasiswa FKIP Untirta membahas permasalahan yang ada di FKIP Untirta di Halaman Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa B Untirta Jumat (2/5).(Rizhar/BU)

Bidikutama.com, Untirta – Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untirta gelar diskusi terbuka dengan tema “Evaluasi Hardiknas” dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional di halaman parkir Gedung PKM B Jumat (2/5). Acara dihadiri oleh jajaran Dekanat FKIP dengan tiga pembahasan utama yaitu penambahan program  studi, Laboratorium FKIP, dan Akreditasi pada program studi di FKIP.

Sebelumnya KBM FKIP melakukan berbagai kegiatan seperti pengumpulan tanda tangan dan penggalangan koin yang berlangsung dari pukul 13.00-16.00 WIB yang bertujuan untuk melakukan sindiran terhadap dekanat FKIP atas fasilitas kuliah yang dirasa kurang memadai.

Selain melakukan serangkaian kegiatan tersebut,  KBM FKIP juga menyebarkan kusioner ke berbagai kalangan mahasiswa FKIP dengan hasil bahwa mahasiswa dan dosen belum mendapatkan kepuasan atas fasilitas-fasilitas penunjang proses pembelajaran di kelas termasuk laboratorium, kejelasan masalah akreditasi, dan penambahan prodi yang dianggap mengurangi jatah pembagian kelas.

Dalam diskusi Wakil Dekan (WD) I bidang Akademika FKIP, Yudi Juniardi menyampaikan “ada beberapa hal menyebabkan akreditasi prodi menurun yaitu kebijakan dari Ditjen Dikti Kemendikbud yang berubah-ubah, kekurangan prodi dalam mendeteksi SDM seperti halnya mahasiswa berprestasi dan juga alumni. Untuk menaikkan akreditasi itu dibutuhkan kerja keras 85% dari prodi dan 15% dari fakultas, jadi fakultas cuma bisa berpartisipasi sebesar itu tidak lebih,” ujarnya.

Dihadiri oleh jajaran Dekanat, Dosen dan Mahasiswa FKIP diskusi terebut berlangsung cukup ramai, terbukti dengan puluhan mahasiswa FKIP dan munculnya berbagai pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa dan klarifikasi dari dosen.

 

“Harapan saya pribadi dan juga KBM FKIP atas kegiatan ini agar fasilitas yang ada di FKIP ini agar terjadi perubahan, pertama lab dan juga tentang penambahan prodi tersebut,” ujar Sofyan mahasiswa prodi Pendidikan Luar Sekolah Untirta.(Zul/BU)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply