Desa Mitra Optimalkan Kedaulatan Pangan Nasional

Desa Mitra Optimalkan Kedaulatan Pangan Nasional

0 445

Bidikutama.com - Himpunan mahasiswa Agroekoteknologi (Himagron) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) adakan seminar nasional bertema ‘Optimalisasi Potensi Pedesaan Demi Terwujudnya Kedaulatan Pangan Nasional’. Seminar yang merupakan program kerja dari forum komunikasi dan bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Agroteknologi Indonesia ini diselengarakan di Gedung Auditorum Untirta, Kamis (12/5).

Ketua Pelaksana, Benny Rivaldi menuturkan bahwa kegaitan yang dilakukan bukan hanya senimar nasional ini, namun juga akan adanya desa mitra. Dan ini merupakan program dari forum komunikasi wilayah dua dari Jawa Barat, Jakarta, Banten dan Kalimantan Barat.

 “Adanya desa mitra ini adalah peran kita sebagai mahasiswa yakni dengan menerapkan tridarma perguruan tinggi mulai dari keilmuan, penelitian, sampai pengabdian kepada masyarakat.  Desa mitra ini bagian dari pengabdian kepada masyarakat.” Ujarnya

Adapun desa mitra yang dipilih, lanjut Benny, adalah Desa Cisalam, Kabupaten Baros. Tujuannya yakni memberikan pencerahan kepada petani bagaimana membuat pupuk kompos, bagaimana cara menerapkan KRPL dengan memanfaatkan lahan di depan rumah. Dimana masyarakat desa akan diberi pelatihan, mulai dari pelatihan kompos, pelatihan tentang pangan, sampai kawasan pangan lestari.

“ Di daerah Cisalam sendiri itu mempunyai potensi yaitu ubi ungu, saat ubi itu panen kita akan mengolah ubi tersebut menjadi pangan. Karena berbicara harga ubi hanya Rp.2500/kg bayangkan jika ubi tersebut diolah menjadi pengan misalkan keripik, bakpau dan makanan yang lainnya maka nilai jual ubi tersebut akan lebih tinggi dibandingkan harga asli perkilonya”. Ungkap Benny.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari peserta, tak terkecuali dengan Robby. Mahasiswa Universitas Winaya Mukti ini tertarik dengan desa mitra. Dimana desa mitra yang memiliki potensi diharapkan mampu optimalkan kedaulatan pangan nasional.

Penulis : Lira Cruzados/BU

Editor : Alfiyanita/BU

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply