Diksatrasia Adakan Donor Darah, Antusias Mahasiswa Kurang

Diksatrasia Adakan Donor Darah, Antusias Mahasiswa Kurang

0 467
Seorang mahasiswi sedang melakukan donor darah di mobil PMI yang terparkir di lapangan Untirta Senin (12/5).

Bidikutama.com, Untirta – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra (DIKSATRASIA) Untirta mengadakan acara donor darah yang bekerjasama dengan KSR Untirta dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Serang di lapangan Untirta pukul 08.00 – 13.00 WIB. Direncanakan donor ini akan dilaksanakan Selama tiga hari mulai hari senin (12/5) sampai Rabu (14/5).

Dalam pelaksanaannya mahasiswa Untirta terlihat kurang antusias dalam acara ini, hal ini terbukti dengan jumlah kantung darah yang diperoleh dari pagi sampai siang hanya  31 dari 50 pendonor yang mendaftar, sedangkan 19 pendonor lainnya tidak diberi izin karena tidak memenuhi syarat.

 

Diselenggarakannya acara ini bertujuan membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah khususnya bagi masyarakat Kota Serang dan sekitarnya.Tidak semua orang dapat menyumbang darahnya, Karena ada beberapa syarat tertentu yang diberlakukan.

 

“Untuk syarat donor sendiri dlihat dari kondisi tubuhnya. Seperti usia minimal 17 tahun, berat badan minimal 45 Kg, HB di atas 12, tidak boleh begadang, tidak dalam pengobatan, tidak dalam menstruasi. Proses dalam pendonoran darah ini diperlukan pendataan dan pengecekkan hemoglobin serta golongan darahnya sebelum donor darah dilakukan,” kata Dwi Afrilia penanggung jawab acara.

 

Dwi pun memaparkan manfaat dari donor darah itu sendiri karena dapat memproses pemulihan darah kembali, sehingga membuat pendonor menjadi sehat dan bermanfaat bagi orang yang membutuhkan dari donor darah tersebut.(Mawar/BU)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply