Gema Tracival 2018

Gema Tracival 2018

0 86
pemenang lomba Travical 2018. (srh/BU)

Bidikutama.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tirtayasa Research and Academic Society (TRAS) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengadakan kegiatan Seminar Nasional yang bertema “Mahakarya Pemuda Dalam Membangun Negeri Menuju Indonesia Emas 2025” di Rizky Hotel Kota Serang, Sabtu (12/05).

Seminar nasional ini merupakan salah satu rangkaian acara Tirtayasa Research Competition and Festival (Tracival) 2018 agenda tahunan kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diikuti oleh 14 Universitas yang ada di Indonesia, termasuk Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Untirta.

“acara ini diikuti oleh 14 Universitas yang ada di Indonesia. Pada hari pertama, dilaksanakan di gedung PSBB MAN 2 Kota Serang. Di hari kedua diisi dengan seminar nasional sekaligus pengumuman lomba dan keesokan harinya adalah field trip,” tutur Figi Arnesti P., selaku Ketua Pelaksana Travical 2018.

Dr. Ing Muhammad Abdul Kholiq, Mcs selaku pemateri pertama menyampaikan cara meneliti yang baik dan benar adalah runut, dan mulai dari yang sederhana. “penelitian tidak hanya selesai di Laboratorium, dan tidak juga selesai di pilot project,” ucapnya.

“ada lima poin aman yang perlu didalami sebelum wawancara adalah motivasi kuliah, alasan memilih negara tujuan. Keunggulan Universitas tujuan, urgensi bidang studi bagi pembangunan Indonesia, dan rencana kontibusi setelah kuliah,” ungkap Moch. Rizky Nanda Hadju yang merupakan pemateri kedua pada acara tersebut.

Rizky juga menyampaikan persyaratan khusus program beasiswa magister dan doktor diantaranya, WNI, prestasi akademik termasuk BT-TOEFL, IELTS, TOAFL, dan IPK, capaian non-akademik, motivasi, dan yang terakhir rekomendasi.

Ni Putu Dila salah satu peserta Tracival 2018 perwakilan dari Universitas Pendidikan Ganesha, Bali mengungkapkan “seru, bertambah inspirasi dan dapat belajar banyak dari pemateri dan para finalis yang keren finalis yang keren karyanya,” tutupnya.

 

 

 

 

Penulis : Srh/BU

Editor : MM/BU

NO COMMENTS

Leave a Reply