Himagron Dan KSR Ajak Mahasiswa Donor Darah

Himagron Dan KSR Ajak Mahasiswa Donor Darah

0 350
Salah seorang mahasiswa Untirta sedang mendonorkan darahnya di bus PMI yang parkir di samping Gedung Pusat Data Dan Informasi Untirta Kamis (10/4). Acara tersebut mampu mengumpulkan 28 kantong darah selama tiga jam pelaksanaannya.(Rizhar/BU)

Bidikutama.com, Untirta -  Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional 2014, Himpunan Mahasiswa Agronomi Untirta (Himagron) bekerjasama dengan UKM Korps Sukarela (KSR) PMI Untirta dan Palang Merah Indonesia (PMI)  Kabupaten Serang Menggelar donor darah Kamis (10/4). Acara yang berlangsung di samping Gedung Pusat Data dan Informasi  (Pusdainfo) Untirta tersebut mendatangkan langsung bis dari PMI untuk melayani para mahasiswa yang berminat mendonorkan darahnya.

Acara donor darah yang bertemakan “Untirta Sehat, Pertanian Jaya” tersebut bertujuan agar mahasiswa lebih peduli dan bisa menolong akan sesama. “Diharapkan mahasiswa peduli akan donor darah untuk berbagi  pada yang membutuhkan karena PMI sendiri butuh stok darah dalam jumlah yang cukup besar dan kami  mengajak mahasiswa agar lebih peduli lagi mulai dari sekarang. Ujar Lufy ketua pelaksana donor darah tersebut.

Menurut Lufy pihaknya menargetkan 60 kantong darah untuk hari Ini. “Antusias mahasiswa banyak sih yang kesini  mudah-mudahan bisa memenuhi target. Kalo emang antusias mahasiswa bagus untuk hari ini akan kita agendakan acara semacam ini lagi,” ujarnya menambahkan.

Hingga akhir Donor Darah berakhir, panitia berhasil mengumpulkan 28 kantong darah. Dari jumlah yang terdaftar 56 orang hanya 28 orang yang memenuhi syarat untuk mendonorkan darah. Jumlah golongan darah  A  yang terkumpul berjumlah delapan, golongan B sepuluh, golongan O tujuh dan AB berjumlah tiga buah.

Dokter dari PMI Kabupaten Serang Inggar pun mengatakan para pendonor harus memenuhi beberapa syarat seperti “tidur malam minimal lima jam perhari, tekanan darah 100/70 sampai 150/70 dan berat badan minimal 45 tapi kalo bisa 46-47 biar ga mepet-mepet banget” ungkapnya.

Inggar pun menambahkan “manfaat dari mendonor darah bikin darah dalam tubuh kita cepat diremajakan, memang setiap tiga bulan sekali darah pasti keganti, dengan donor zat besi pada darah jadi ikut terbuang jadi gak numpuk dalam darah, selain itu manfaat non medisnya kan secara ga langsung darah yang diambil kan akan discreening diuji akan empat macam penyakit, kalo gak ada apa-apa semuanya sehat ga akan  ada pemberitahuan, tapi jika ada masalah kita akan hubungin”.

Salah satu peserta Rudiansyah mengaku mengikuti donor darah selain menyehatkan juga ingin ikut berbagi dengan yang lainnya. ”Pengen nyumbang aja buat membutuhkan, artinya kalo kita punya darah yang bisa disumbangkan kenapa tidak. Mudah-mudahan bermanfaat apalagi nyumbang kan ga harus materi,” ungkapnya seusai mendonorkan darahnya.(Rizhar/BU)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply