Ikuti Festival Teater Nasional, Kafe Ide Masuk Dua Nominasi

Ikuti Festival Teater Nasional, Kafe Ide Masuk Dua Nominasi

0 800
Penampilan UKM Kafe Ide dalam Festival Teater Mahasiswa Nasional (Jundi)

Bidikutama.com – Dalam meningkatkan eksistensinya di dunia teater, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Kafe Ide Untirta, mengikuti Festival Teater Mahasiswa Nasional (Festamasio) ke-7 yang dilaksanakan pada tanggal 4-10 Mei 2015, bertempat di Gedung Kebudayaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, setelah di tahun 2013 mengikuti Festamasio ke-6 di Surabaya, Bandung (15/05).

Ajang yang diadakan setiap 2 tahun sekali ini mendapat respon positif dari seluruh kelompok teater kampus di Indonesia. Rio, selaku Sutradara dari Teater Kafe Ide Untirta mengungkapkan bahwa mereka optimis untuk bersaing dengan 15 kelompok peserta dari 37 kelompok peserta hasil penyaringan dewan juri yang telah lolos dalam tahap kurasi (seleksi) untuk memperebutkan 9 kategori terbaik dalam Festamasio ke-7 ini, yang sebelumnya dalam Festamasio ke-6 mereka berhasil meraih Juara ke-4 dan masuk Nominasi Musik terbaik, Lighting terbaik dan Artistik terbaik.

Teater Kafe Ide Untirta tampil diurutan ke-2 setelah Teater Awal dari UIN Syahid, Jakarta, sesuai hasil pengundian yang dilakukan oleh seluruh peserta. Teater Kafe Ide Untirta mengusung ide cerita berjudul ‘NyanyianNyonya’, setelah sebelumnya ditampilkan di Auditorium Gedung B Untirta dengan ide cerita yang sama. Aktor & aktris dalam ‘NyanyianNyonya’ ini antara lain; Adam Resah Iman, Dinda Desvita, AcuMana, Syahrir, Any Islamia, dan Nur Taufiq.

Teater Lakon sebagai penyelenggara acara tersebut, menampilkan teater dari masing-masing kelompok peserta di Hari Senin hingga Jum’at. Selang sehari setelah penampilan seluruh peserta, gelaran Festamasio pun dimeriahkan dengan agenda wisata budaya yang akan memperkenalkan keindahan Kota Bandung, dan kemudian malam penganugrahan dilaksanakan di Hari Minggu.

Dengan hanya menggunakan beberapa ban bekas berbagai ukuran sebagai artistik penampilan, Teater Kafe Ide Untirta masuk pada 2 nominasi yang diumumkan pada malam penganugrahan, yaitu Nominasi Aktor Utama Terbaik (Adam Resah Iman) dan Nominasi Artistik Terbaik (AcuMana).

“Tidak apa-apa. Masuk nominasi tingkat nasional itu susah loh. Kebanggaan juga buat saya”, ujar Adam Resah Iman yang berperan sebagai Wassan dalam cerita ‘NyanyianNyonya’.

Festamasio selanjutnya akan diadakan di Makasar, sesuai Rembug yang dilakukan oleh seluruh peserta dan Teater Titik Dua dari Universitas Negeri Makassarsebagai penyelenggara Festamasio ke-8 nantinya. Dengan diselenggarakannya Festamasio ini diharapkan dapat dijadikan sebagai modal pengembangan teater Indonesia dan atas dasar itulah, diperlukan langkah-langkah untuk menjadikan kelompok teater kampus sebagai basis kaderisasi teater Indonesia yang berkualitas. (Jundi)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply