Jalin Komunikasi Dengan Bahasa Isyarat

Jalin Komunikasi Dengan Bahasa Isyarat

0 483
Puluhan peserta mengikuti acara seminar bertemakan “Isyarat Membuka Bahasa Kita” yang bertempat di Kampus C Untirta, Senin (2/11). (MOP/JOB)

Bidikutama.com – Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) Untirta mengadakan seminar bertemakan “Isyarat Membuka Bahasa Kita” dalam rangka memperkenalkan bahasa isyarat secara umum kepada masyarakat luas. Seminar yang diselenggarakan di Kampus C Untirta ini diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari civitas akademika Untirta maupun para pengajar diluar Untirta, Senin (2/11).

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, seminar yang merupakan gagasan dari salah satu dosen di Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) yang kemudian dikembangkan oleh Mahasiswa di jurusan tersebut, diawali dengan pembahasan materi tentang Pengantar Bahasa Isyarat dan Praktik Penggunaan Bahasa Isyarat yang disamapaikan oleh Sistriandini Alamsyah Sidiq, Tony Yudah Pratama dan Yuni Tanjung Utami.

Jamilatun Nisa, ketua pelaksana acara seminar mengatakan tujuan dari acara ini agar para pengajar dapat berkomunikasi dengan siswa yang berkebutuhan khusus, terutama para penyandang tuna rungu sehingga tujuan belajar mengajar dapat terpenuhi secara optimal.

“Acara ini kami fokuskan kepada orang-orang yang berkecimpung di dunia pendidikan,seperti Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), karena di zaman sekarang sudah banyak yang menganut sekolah inklusi, yaitu sekolah yang dapat menerima siswa yang berkebutuhan khusus. Walaupun masih dalam kategori dasar setidaknya para pengajar telah memiliki sedikit ilmu ketika mengajar kepada siswa yang berkebutuhan khusus tersebut,” ujarnya memaparkan.

Afni mahasiswi Fakultas Pendidikan Untirta merespon baik acara seminar yang diselenggarakan oleh jurusan PLB tersebut, ia berharap agar ditahun berikutnya dapat diselenggarakan kembali acara seminar yang mengangkat tentang orang-orang yang berkebutuhan khusus.

“Banyak sekali manfaat yang didapat setelah mengikuti seminar ini, selain menambah pengetahuan, kita juga mendapatkan pelatihan dasar bahasa isyarat yang membantu kita dalam berkomunikasi dengan anak tuna rungu,” tuturnya. (MOP,FZ,HM/JOB)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply