KBM Fakultas Teknik Kenalkan Sains Pada Siswa SD Pelosok

KBM Fakultas Teknik Kenalkan Sains Pada Siswa SD Pelosok

0 588
Salah satu mahasiswa sedang menampilkan cara kerja alat roket air kepada siswa dan siswi SDN Sumur Lubang Kecamatan Pulo Ampel Sabtu (3/5). Kegiatan tersebut bertujuan agar murid dapat menambah ilmu sains yang ada pada saat ini. (Rizhar/BU)

Bidikutama.com, Untirta - Memperingati Hari Pendidikan Nasional,  Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Tekhnik Untirta  yang terdiri dari gabungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas dan Seluruh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di Fakultas Teknik gelar acara sainstrik dan lomba cerdas cermat di SDN Sumur Lubang Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang Sabtu (3/5).

Acara yang bertemakan “Pengenalan Sains Sejak Dini Untuk Menciptakan Generasi Muda Yang Lebih Maju” tersebut dilakukan dengan cara mengedukasi  dan mengenalkan para siswa dan siswi sd tersebut agar mereka tetap paham tentang sains walaupun daerah mereka masih tertinggal di bandingkan wilayah lain.

Kegiatan tersebut diisi dengan mempraktekan cara kerja secara langsung enam alat-alat sains yang sudah dibuat oleh mahasiswa enam jurusan teknik agar para siswa juga lebih paham dengan bagaimana cara kerja dari alat-alat tersebut.

Dalam pelaksanaannya siswa sd tersebut terlihat sangat antusias dan penasaran dengan cara kerja alat sains yang dibuat oleh mahasiswa sehingga para siswa berjejalan ingin melihat dan berebut ingin mencoba alat-alat yang sudah dibuat oleh para mahasiswa.

“Terinspirasi dari Tridarma Perguruan Tinggi poin ketiga tentang pengabdian kepada masyarakat dan kebetulan bertepatan dengan hardiknas kita coba anti mainstream lah banyak yang menuntut bahwa dunia pendidikan harus distandarisasi harus pendidikan murah segala macem yah kita mendingan terjun ke masyarakat langsung . ujar ketua BEM Fakultas Teknik Vicky Dewayanto.

Vicky pun menambahkan “SD yang tergolong pelosok ini memang butuh pengenalan pengetahuan yang lebih lah karena kurang juga dari fasilitas, pengajar di sekolah kita coba tuangkan ilmu yang kita punya kepada siswa sd yang masih sederhana inilah semoga bermanfaat buat mereka,” ujarnya.

 

Selain mengedukasi para siswanya, pihak KBM Fakultas Teknik pun berencana membantu percepatan pemenuhan fasiltas sekolah agar tercapai pendidikan yang layak khusunya bagi warga Kecamatan Pulo Ampel .

“Dari kita mencoba juga membantu sekolah untuk yah tentang gedung sekolah juga yang masih sangat kurang layak  dan sebagian ruangan masih menumpang statusnya kita coba ke dinas  langsung untuk membantu mempercepat fasilitas yah mudah-mudahan bisa.” Ungkapnya.

Kepala Sekolah SDN Sumur Lubang Eva Faujiah pun berharap agar mahasiswa melakukan kegiatan serupa secara berkala. “Harapanya mungkin bukan hanya untuk tahun ini saja tetapi berkelanjutan juga untuk selanjutnya, semoga kegiatan ini bisa meningkatkan edukasi anak murid disini, harapan saya mudah mudahan program sperti ini dilanjutkan bukan hanya di SD sini saja di SD yang lain juga,” ujarnya.(Rizhar/BU)

Share this post :

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply