Kemenristek Ajak Mahasiswa Mulai Kembangkan Mobil Listrik

Kemenristek Ajak Mahasiswa Mulai Kembangkan Mobil Listrik

0 468
Prakosa Asisten Deputi Bidang Lima Kementrian Riset dan Teknologi saat menyampaikan materi tentamg "Teknologi Kendaraan Listrik Alternatif Cerdas Hemat Energi" di Aula Teknik Untirta Cilegon Senin (19/5).

Bidikutama.com, Untirta - Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Untirta gelar seminar nasional tentang teknologi kendaraan listrik di Aula Fakultas Teknik Untirta Kota Cilegon, Senin (19/5). Seminar ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Electrical Evolution (EVO) 2014.

Seminar dengan tema “Teknologi Kendaraan Listrik Alternatif Cerdas Hemat Energi” menghadirkan Prakosa sebagai Asisten Deputi Bidang Lima Kementrian Riset dan Teknologi mewakili Menteri Riset dan Teknologi yang berhalangan hadir.

 

Dalam materinya Prakosa mengajak mahasiswa untuk lebih mengenal komponen-komponen dari mobil listrik  sehingga bisa di produksi dengan baik. “Ada lima komponen penting dalam mobil listrik seperti Baterai, motor atau mesin, sistem kendali elektronik, platform dan charging system” ungkapnya.

 

Harapannya Indonesia dapat menguasai teknologi mobil listrik sepenuhnya pada tahun 2017 sesuai anjuran presiden pada tahun 2012 “ Perlu inovasi baru untuk lebih kendaraan lebih kuat, lebih cepat dan lebih menarik lagi. Karena itu pemerintah mendorong kementrian serta generasi penerus untuk mengembangkan mobil listrik,” tuturnya.

 

“Tingkat kesiapan teknologi awalnya dimulai di tingkat universitas, lalu masuk ke LIPI dan BPPT lalu ke kementrian terkait  dan kita sedang mengagendakan untuk regulasi kendaraan listrik, kita sedang mencari lembaga yang bisa menguji mobil listrik sehingga untuk kedepannya kita siap untuk tahap memproduksi massal untuk kebutuhan masyarakat.” Katanya.(Rizhar, Ambon/BU)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply