Lestarikan Budaya Lewat Tirtayasa Traditional Festival

Lestarikan Budaya Lewat Tirtayasa Traditional Festival

0 268
Peserta tari Tirtayasa Traditional Festival sedang berlagak dipanggung (Lira/BU)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pandawa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar kegiatan Tirtayasa Traditional Festival (TTF) yang ke-7 dengan tema “Jiwa Muda Banten Jiwa yang Cinta Budaya Nusantara”. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu dari tanggal 16 sampai dengan 18 November 2016 bertempat di Teater Terbuka Untirta.

UKM Pandawa bertujuan ingin melestarikan budaya Banten untuk kalangan masyarakat dan mahasiswa, juga menjadikan ajang silahturami untuk sekolah-sekolah dan pendopo yang sudah melestarikan Banten dan Nusantara.

“tema tahun ini diambil karena kita sebagai mahasiswa yang bergerak di bidang seni prihatin akan kepedulian generasi muda yang tidak peduli terhadap budaya oleh sebab itu kami panitia mengangkat tema jiwa muda banten jiwa yang cinta budaya nusantara” ujar Rachmat selaku Ketua Pelaksaan TTF 2016.

Untuk peserta tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, sedikitnya terdapat 18 sekolah yang mendaftar untuk lomba tari, lomba silat diikuti 30 padepokan, lomba musik tradisional 5 tim dari berbagai sekolah,dan seni rupa terdapat peserta 17 sekolah.

Rachmat juga menambahkan di malam puncak pada tanggal 18 November 2016 terdapat karya baru garapan UKM Pandawa yaitu drama tari yang berjudul “Fatimah Duri Istana” dan acaranya gratis.

“menurut saya bagus acaranya, unik, menampilkan tarian tradisional dari Banten. Jadi kita bisa tahu tarian apa saja dari Banten”. Ujar Nina Mahasiswi  jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan pada saat menyaksikan acara tersebut.

Reporter: Lira, Putri Chyntia

Editor: Aya Sridayanti

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply