Menciptakan Legislator Muda Melalui Sekolah Parlemen

Menciptakan Legislator Muda Melalui Sekolah Parlemen

0 62
Suasana acara Sekolah Parlemen Kampus di Gedung DPRD Provinsi Banten, Sabtu (25/11). (Novi/BU)

Bidikutama.com – Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (DPM FISIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengadakan Sekolah Parlemen Kampus yang bertajuk “Mencetak Legislator yang Kritis dan Kompeten Terhadap Problematika Masyarakat Melalui Fungsi Parlemen” bertempat di Gedung DPRD Provinsi Banten,Sabtu (25/11).

Tujuan diadakannya Sekolah Parlemen Kampus ini adalah untuk membangun jiwa kritis Mahasiswa FISIP agar Mahasiswa FISIP mengetahui cara dan proses pembuatan suatu kebijakan dalam satu parlemen. Kegiatan ini dihadiri oleh Hj. Nuraeni, S.Sos., M.Si selaku Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten dan H. Yandri Susanto, S.Pt selaku Anggota DPR RI Komisi II.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini merupakan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) semester 1-5 dan lolos seleksi melalui penulisan essai mengenai kebijakan Perppu Ormas. Kriteria isi essai yang ditentukan oleh DPM FISIP ialah essai yang membangun dan bukan hanya mengkritisi.

Pembahasan dalam kegiatan ini berfokus mengenai Peraturan PerUndang-Undangan (Perpu) Pembuatan Organisasi Kemasyarakatan.

“Pembahasan ini merupakan isu yang trend hari ini. Apalagi kita bicara mahasiswa sebagai pemuda pergerakan dan juga kita menguji kepekaan mereka terhadap adanya Perpu ini” Ujar Andika Widyanto, Selaku Wakil 1 DPM FISIP.

Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian acara. Pertama, Seminar yang membahas mengenai Pro-Kontra dan dinamika dalam Perpu itu dan Kemudian dilanjutkan dengan simulasi persidangan. Andika berharap untuk Mahasiswa FISIP khususnya anggota DPM FISIP dapat membentuk suatu kebijakan ranah Fakultas. Dan kebijakan ini tidak dibuat berdasarkan kepentingan dan tidak dibuat secara sepihak tetapi aturan ini dibuat bagaimana untuk membangun Fakultas dan mahasiswanya.

Salah satu Mahasiswa Administrasi Negara, Hasya mengungkapkan “saya senang banget DPM bisa membuat program yang bisa melatih skill legislator muda dalam menghadapi problematika masyarakat melalui fungsi parlemen. Saya berharap kedepannya acara ini bisa diikuti oleh mahasiswa dari Fakultas lain agar bisa bertukar pikiran” Tutup Hasya.

Penulis: Akm, Nov, MM

Editor: LCS

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply