Bidikutama.com –Genenerasi Baru Indonesia (GenBI) bersama Bank Indonesia (BI) mengadakan acara “Sosialisasi edukasi pengendalian inflasi” yang bertempat di Aula Gedung A Lantai 3 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Serang Banten. (17/4).

Sosialisasi ini diadakan untuk memberikan informasi kepada Pelajar dan Mahasiswa mengenai keadaan inflasi, serta memberikan pengetahuan mengenai realita pengendalian inflasi di Indonesia. Khususnya di Provinsi Banten. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta yang berasal dari Universitas dan Sekolah Menengah Atas yang berada di Banten.

Ketua Pelaksana, Rizal Ardiansyah mengatakan “tujuan acara ini juga untuk memberikan pembelajaran bahwa pengendalian inflasi bukan hanya tanggungjawab BI namun semua Masyarakat,” Jelasnya.

Pola inflasi di Banten sejalan dengan inflasi nasional yaitu banyak dipengaruhi oleh kebijakan Pemerintah atas harga barang tertentu. Seperti Bahan Bakar Minyak (BBM), Lpg dan fluktuasi harga bahan pangan seperti beras dan sebagainya.

Rahmat Hernowo, selaku Pemateri menyampaikan “Tingkat inflasi di Banten tahun 2017 mencapai 3,98%, untuk target tahun 2018 diharapkan mencapai angka 3,5% plus minus satu jadi boleh 2,5 % idealnya sih dibawah 2%,” Ujar Kepala KPW Bank Indonesia Provinsi Banten.

Selain acara sosialisasi edukasi pengendalian inflasi, GenBI dan BI juga mengadakan lomba, Ide Kreatif Pengendali inflasi yang pendaftaranya telah dibuka pada tanggal 6 sampai dengan 26 April 2018.

Yuni Saraswati, Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin yang menjadi peserta Sosialisasi menuturkan “Tadi pembahasannya mengenai inflasi jadinya lumayan tertarik sih karena sekarang sering juga mengikuti tentang ekonomi seperti sekarang kayak apa-apa harganya mahal, harganya naik jadi pengen tahu penyebabnya apa, jadinya kegiatan ini cukup memberikan informasi dari Pemerintah kenapa alasannya hal itu bisa terjadi,” Tutupnya.

 

Penulis : Cel, Kika, Syul

Editor : MM/BU