Meningkatan Ketahanan Pangan Melalui Kuliah Umum

Meningkatan Ketahanan Pangan Melalui Kuliah Umum

0 100
Suasana Kuliah Umum Agroekoteknologi di Auditorium gedung B Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada Rabu (19/4). (Cha/BU)

Bidikutama.com – Jurusan Agroekoteknologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (untirta) menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Pemanfaatan Potensi Pangan Lokal dalam Upaya Meningkatkan Ketahanan Pangan”. Bertempat di Auditorium gedung B lantai 3, Rabu (19/04).

Ketua Pelaksana Dewi Hastuti, menjelaskan bahwa pangan merupakan komoditas yang sangat strategis sehingga bisa menentukan stabilitas sosial dan politik terhadap suatu bangsa. Tujuan diadakannya kuliah umum ini, agar mahasiswa dituntut untuk bisa memberikan solusi dalam meningkatkan pertanian dan ketahanan pangan di Indonesia.

“respon dari peserta kuliah umum luar biasa antusias, dari pagi sudah antri dan tidak banyak yang keluar-masuk, dosen-dosen juga pada datang karena ada pelantikan juga,” ujar Dewi.

Ada empat pilar ketahanan pangan. Pertama adalah ketersediaan, kedua adalah terjangkau, ketiga adalah pemanfaatan, keempat adalah kestabilan.

Dengan adanya 4 pilar ini dapat menjadi acuan bagi mahasiswa Agroteknologi untuk mendampingi para petani dalam mengembangkan potensi pangan serta kesejahteraan petani di Indonesia.

Salah satu mahasiswa agroekoteknologi M. Aditya Syahpratama mengungkapkan motivasinya mengikuti kuliah umum ini untuk menjadikan potensi pangan di Indonesia terutama di Banten agar bisa menjadi pro nomor satu (terekspos) di dunia luar.

“Harapan saya, mudah-mudahan kita bisa lebih mengetahui tentang ketahanan pangan lokal itu seperti apa dan juga bisa memajukan ketahanan pangan lokal di daerah banten,” tutup laki-laki berbaju kotak-kotak hijau itu.

Reporter  : MM, SYL,CHA,DEE/BU

Editor : LCS/BU

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply