Mewujudkan Pertahanan Negara yang Tangguh dengan Bela Negara

Mewujudkan Pertahanan Negara yang Tangguh dengan Bela Negara

0 204
Kementrian Pertahanan Provinsi Banten mengadakan Seminar Pertahanan Negara yang dilaksanakan di Auditorium Gedung B Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada Hari Kamis (9/3). (Nahrulia/BU)

Bidikutama.com – Kementrian Pertahanan Provinsi Banten, mengadakan seminar Pertahanan Negara di Lingkungan Pendidikan Provinsi Banten. Dengan mengangkat tema “Meningkatkan Bela Negara Dalam Rangka Mewujudkan Pertahanan Negara yang Tangguh” di Auditorium gedung B Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA). (9/3)

Tujuan diadakan seminar ini adalah menumbuhkan semangat  bela Negara dengan menanamkan sifat keberpihakan kepada UUD 1945, dan falsafah bangsa yaitu Pancasila. Bela Negara bukan berarti kita berperang tetapi menumbuhkan semangat untuk membangun bangsa. Dengan cara melakukan pengabdian sesuai profesi yang dimiliki, contoh kita sebagai mahasiswa harus belajar dengan giat dan sopan dalam prilaku, dari hal tersebut sudah mencerminkan bela negara

Dalam seminar ini mendatangkan 3 pemateri yaitu Prof. Dr. H. Soleh Hidayat, M.pd selaku Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kolonel Czi Ito Hardianto M.Si selaku Komandan Resort Militer (DANREM) Provinsi Banten, dan Drs. Radjiman Rahasianya selaku Kepala Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (KABAN KESBAMPOL) Provinsi Banten. Seminar ini dilaksanakan di setiap Provinsi di Indonesia yang diadakan oleh kementrian pertahanan di propinsinya masing masing. Dan seminar ini pertama kali di laksanakan.

Ketua pelaksana Bambang sekaligus perwakilan kementrian pertahanan Provinsi Banten, memberi pesan “kepada para seluruh masyarakat Banten khususnya Mahasiswa untuk memahami dan mengetahui arti dari bela negara, setelah mengetahui dan memahami pasti dapat mengamalkan kepada orang lain dan dapat menjalankan bela negara sesuai UUD 1945” ujarnya.

Peserta yang ikut serta dalam seminar tersebut antara lain MahasiswaUntirta dan IAIN, mahasiswa Untirta jurusan Akuntansi Gustri berpendapat “dari seminar yang saya ikuti, saya dapat mengetahui bahwa bela negara itu bukan semata-mata untuk berperang, tetapi dengan menerapkan tridarma perguruan tinggi seperti penelitian, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, merupakan salah satu tindakan bela negara” tutupnya.

Penulis: Novi Hermawati dan Nahrulia/BU

Editor : Lira/BU

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply