Pandawa Ajak Mahasiswa Lebih Mengenal Batik Banten

Pandawa Ajak Mahasiswa Lebih Mengenal Batik Banten

0 545
Seminar “Rekonstruksi Sejarah Dalam Pesona Batik Banten” yang diselenggarakan UKM Pandawa Untirta di Auditorium Gedung B Lantai Tiga Untirta, Senin (12/5). (Muammar/BU)

Bidikutama.com, Untirta - Sebagai salah satu wujud pelestarian dan pengenalan Batik Banten, UKM Pandawa Untirta gelar seminar  budaya bertajuk “Rekonstruksi Sejarah Dalam Pesona Batik Banten” yang digelar di Auditorium Gedung B Lantai Tiga Untirta, Senin (12/5). Selain mengadakan seminar terlihat kain Batik Banten pun dijual langsung di lokasi masuk seminar.

Seminar budaya ini menghadirkan empat orang pemateri yaitu Prof. H.M.A Thami Sejarawan Banten, Tb. Nazib Arkeolog Banten, Uke Kurniawan Pendiri griya batik banten, Yammelia Kabag Kebudayaan Provinsi Banten dan dihadiri oleh lebih dari 100 orang pesrta seminar dari kalangan mahasiswa, pelajar dan umum.

“Acara ini bertujuan untuk mempromosikan batik banten karena kan kebanyakan dari mahasiswa sendiri belum mengetahui apa itu batik banten sendiri. mahasiswa sendiri tahunya hanya batik baduy saja yang berwarna biru hitam padahal itu bukan dari asli Banten sendiri,” kata Nikma Fikriyani ketua pelaksana seminar.

Nikma pun menambahkan “utamanya untuk mengenalkan ciri khas daerahnya sendiri, biar masyarakat mengenal batik banten makanya kita kerja sama dengan batik banten untuk hal ini,” ujarnya.

Selain membahas dan mengkaji tentang batik banten, di akhir acara seminar di tampilkan pula penampilan dari anggota ukm pandawa yaitu tarian dan debus yang mendapat respon cukup meriah dari para peserta seminar.

Diakhir acara seorang peserta seminar pun mengungkapkan. “Banyak pengetahuan baru bahwa Banten itu ternyata mempunyai sejarah cukup banyak juga, kita sebagai mahasiswa masih sedikit yang tahu tentang budaya di banten dan setelah mengikuti ini saya sedikit tau tentang batik banten yang memang sejarah awalnya digali dari nilai-nilai luhur.  saya harap sih lebih sering lagi acara tentang budaya banten ini di selenggarakan,” Ujar Adi Nugraha Mahasiswa Jurusan Manajemen.(Rizhar/BU)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply