Berita Mahasiswa

Pemahaman Wawasan Kebangsaan, Perubahan Menjaga Kedaulatan NKRI

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikuatama.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan seminar ‘Pemahaman Wawasan Kebangsaan’. Seminar ini dilaksanakan di Auditorium FT Untirta Cilegon, Sabtu (10/12).

Kapten Inf. Diyarto sebagai pembicara utama dalam seminar tersebut menyampaikan pentingnya memberikan pemahaman wawasan kebangsaan terhadap mahasiswa. Dimana mahasiswa ini diharapkan mampu memberikan penjelasan yang humanis kepada masyarakat terkait persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mahasiswa punya peran sangat penting dalam menjaga keutuhan bangsa, jadi kami berharap kita sama-sama menjaga persatuan bangsa,” ujar Korem Pulo Ampel ini dalam seminar.

Acara seminar ini masuk dalam rangkaian acara Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Teknik (LKMT) yang digelar BEM FT Untirta. Kegiatan ini mengangkat tema ‘Membentuk Mahasiswa Teknik yang Berkarakter Pejuang, Pelopor, Perubahan untuk Menjaga Kedaulatan NKRI’.

Ketua BEM FT, Mahmudin menjelaskan bahwa tema kegiatan ini diangkat karena melihat bahawasanya wawasan kebangsaan adalah konsep politik Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah yang tidak bisa terpisahkan.

“ Dewasa ini, kondisi politik negara gaduh membicarakan konsep bhineka tunggal ika, ada pihak-pihak yang merongrong bahkan sampai ingin mengganti Pancasila sebagai dasar negara dengan sistem pemerintahan Islam. Untuk itu kami dengan lantang mengatakan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sudah final,” tegasnya.

Penullis : Megah/BU

Editor  : Alfiyanita/BU

Tulis Sebuah Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.