Pemberdayaan Gender melalui Seminar Perempuan

0
117
Dra. Evi Sofia Restu Nilawati saat menyampaikan materi. (Eln/BU)

Bidikutama.com – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (BEM KBM Untirta) menyelenggarakan seminar dengan tema “Membedah Peran Hak dan Kewajiban Perempuan dalam Era Millenial” di Aula D3 Keperawatan Untirta lantai 2, Sabtu (28/4).

Eli Laeli Nurmaliha, selaku ketua pelaksana mengungkapkan “Seminar ini bertujuan untuk menonjolkan perempuan itu seperti apa, bukan hanya laki-laki saja yang bisa ikut seperti lomba atau berkarya. Di acara ini untuk mengetahui peran perempuan itu seperti apa, kewajibannya itu bagaimana, kemudian hak apa saja, seperti hak untuk menfapatkan keamanan sendiri saja belum ada seperti di angkutan umum, dan berjalan sendiri di malam hari,” Ungkapnya.

Menurut Dra. Evi Sofia Restu Nilawati sebagai aktivis pemberdayaan perempuan menyampaikan, “Sebetulnya kalau kita lihat bahwa perempuan dalam hal ekonomi itu sangat tinggi, kita lihat ibu-ibu banyak yang berjualan, baik itu jualanan emping, bakso, dan sebagainya kita anggap sebagai bisnis rumahan, mereka inilah yang mengangkat indeks pemberdayaan gender sebagai sumbangan perempuan dalam hal pendapatan. Di provinsi Banten ini masih sangat rendah belum meningkat sehingga kita perlu upayakan bagaimana memaksimalkan peran industri rumahan supaya perempuan itu punya penghasilan yang sangat tinggi,” Tuturnya.

“Sebagai laki-laki kita juga harus tau bagaimana kebutuhan perempuan, bagaimana si perempuan berfikir, jadi kita juga harus mengerti apa yang ingin perempuan sampaikan, apa yang perempuan butuhkan, sebagai bentuk penghormatan laki-laki terhadap perempuan,” ungkap Dedi Anggis Gumelar jurusan D3 Keperawatan semester 2.

Tuti Aluwiyah jurusan PGSD semester 2 juga mengatakan, “manfaatnya kita bisa mengetahui peran aktif dan keunggulan seorang wanita itu seperti apa, dan berharap membuat motivasi diri saya seorang perempuanpun bisa lebih maju, lebih sukses,” Tutupnya.

Penulis : Eln/BU

Editor : MM/BU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here