Peringati 10 November, Mahasiswa Sejarah Upacara di Makam Pahlawan

Peringati 10 November, Mahasiswa Sejarah Upacara di Makam Pahlawan

0 931
Pihak dekanat, dosen dan mahasiswa FKIP sedang melakukan kegiatan upacara memperingati hari pahlawan nasional di Taman Makam Pahlawan Ciceri Kota Serang, Senin (10/11).(**/istimewa)

Bidikutama.com – Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untirta, mengadakan kegiatan ceremony dalam memperingati hari pahlawan yang jatuh tiap tahunnya pada tanggal 10 November. Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Ciceri kota Serang, Senin (10/11).

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh 30 orang peserta upacara antara lain, Yudi Juniardi selaku wakil dekan III FKIP, ketua jurusan Pendidikan Sejarah , jajaran dosen, ketua DPM FKIP dan beberapa perwakilan mahasiswa lainnya. Setelah melakukan upacara, dilakukan juga tabur bunga di makam para pahlawan untuk menghormati jasa-jasa mereka di masa penjajahan.

“Tanpa perjuangan para pahlawan, bisa jadi hari ini rakyat Indonesia belum bisa tidur nyenyak. Maka dari itu, kegiatan hari pahlawan adalah peringatan hari besar yang sepatutnya kita rayakan. Inilah yang menjadi landasan kegiatan yang di adakan” ujar Arman Maulana ketua pelaksana menjelaskan .

Menurut salah satu panitia lainnya, Zaki Zaenal Arifin kegiatan ini dilakukan agar masyarakat selalu mengingat jasa para pahlawan. “Kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan mengingat adanya keprihatinan masyarakat khususnya mahasiswa mengenai pemahaman terhadap hari pahlawan yang semakin berkurang”, ujarnya.

Lanjut Zaki ia pun berharap agar mahasiswa dan masyarakat dapat mengambil hal baik yang dilakukan oleh para pahlawan bukan hanya sekedar seremonial peringatan tanpa arti setiap tahunnya.

“Harapannya semoga dengan hari pahlawan ini kita dapat meneruskan cita-cita para pahlawan. Bukan hanya melakukan peringatan saja tetapi mengambil intisari dari hari pahlawan untuk kemajuan bangsa dan negara”, ungkapnya.

Selain melakukan upacara, direncanakan rangkaian acara dilanjutkan pada tanggal 11 November yaitu diskusi yang bertemakan “Membangun Semangat Nasionalisme dan Karakter Kebangsaan menuju Indonesia yang Bermartabat”. Kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan mengingat adanya keprihatinan masyarakat khususnya mahasiswa mengenai pemahaman terhadap hari pahlawan yang semakin berkurang.(Firas,Tika,Lia/JOB)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply