Pro Kontra Peraturan Perpustakaan FEB

0
271

Bidikutama.com – Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang terletak dibelakang Gedung FEB, membuat peraturan tersendiri mengenai pendaftaran kartu perpustakaan, Selasa (06/03).

Peraturan mengenai mahasiswa  yang ingin mendaftar untuk pembuatan kartu perpustakaan, namun sudah terlambat selama satu tahun harus menyertakan uang pendaftaran sekaligus uang perpanjangan kartu perpustakaan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu.

Kepala Perpustakaan FEB Untirta, Maryam mengatakan  “Mahasiswa dapat menggunakan perpustakaan
baik yang memiliki kartu maupun tidak memiliki kartu, namun setiap tahun harus tetap membayar biaya perpanjangan” Jelasnya.

Biaya pendaftaran yang harus dikeluarkan oleh Mahasiswa sebesar Rp. 25.000 (dua puluh lima ribu rupiah) dan setiap tahunnya Mahasiswa harus memperpanjang masa aktif kartu tersebut sebesar Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah).

Elisabeth Sigalingging, salah satu Mahasiswa Ekonomi Pembangunan semester 6 merasa keberatan dengan adanya peraturan seperti itu. Menurutnya, biaya pembuatan kartu yang mahal akan memberatkan mahasiswa.

“Biaya pembuatan kartu menurut saya mahal dan kurang bagus juga, menurut saya biaya pembuatan kartu yang mahal itu memberatkan mahasiswa,” ujarnya.

Tak hanya itu, Perpustakaan FEB juga memberlakukan peraturan bagi mahasiswa yang menghilangkan buku, harus mengganti buku tersebut dengan judul yang sama atau sesuai dengan jenis buku yang mereka hilangkan. Namun mahasiswa bisa menggantinya dengan buku yang lain, jika memang tidak bisa mendapatkan buku yang sama. Tetapi denda tetap terhitung sesuai dengan hari peminjaman buku.

Denda yang diberlakukan sebesar Rp. 500 (lima ratus rupiah) per harinya.

Siti Nurul Azizah mengatakan “Kalau denda sih saya tidak keberatan karena menurut saya denda itu dibuat agar kita itu tepat waktu mengembalikan buku, karena itu juga bukan milik kita jika ada denda itu membuat mahasiswa lebih teratur mengembalikan bukunya. Tetapi untuk biaya perpanjangan itu sangat memberatkan,” ucap mahasiswa Akuntansi semester 2 itu.

 

Penulis: Marcell, Dy/BU

Editor: MM/BU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here