Ratusan Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN Padati Kampus Untirta

Ratusan Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN Padati Kampus Untirta

0 839

Bidikutama.com – Untirta membuka pendaftaran ulang bagi mahasiswa baru yang masuk melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Terlihat pendaftaran pada tahun ini mengalami sedikit perubahan seperti tempat menggunakan tenda ukuran besar yang ditempatkan di lapangan parkir Untirta. Acara tersebut berlangsung mulai tanggal 15 hingga 17 Juni hari ini.

Hari pertama pelaksanaannya pihak Untirta menerima sebanyak 280 mahasiswa baru dari Fakultas Ilmu Hukum dan Fakultas Teknik, hari kedua 400 mahasiswa dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi, dan hari ketiga sebanyak 600 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP).

Bayu Sandewo, selaku panitia pelaksana Pendaftaran ulang jalur SNMPTN Untirta mengatakan mahasiswa baru wajib memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku untuk terdaftar menjadi salah satu mahasiswa di Untirta.

“Syarat dan ketentuan ada di website untirta, rangkaian kegiatan di hari pertama kegiatan tersebut, dari mahasiswa menyiapkan berkas pertama sampai berkas terakhir, menyiapkan cek kesehatan narkoba dan segala macam yang ada di website dan jika semua berkas sudah dilengkapi dan diupload oleh calon mahasiswa tersebut, nanti akan muncul akte akreditas setelah itu mahasiswa di registrasi di BAKP untuk dicek kelengkapannya,” ujarnya.

Lanjut bayu, setelah itu orang tuanya, diarahkan untuk interview oleh masing masing jurusan dan ketua jurusan untuk diketahui jumlah UKT (Uang Kuliah Tungal) yang harus dibayarkan.

“Orangtua mahasiswa diarahkan untuk interview untuk menetapkan jumlah uang UKT mahasiswa baru, selain itu terdapat juga pusat informasi kemudian di upload ke Pusdainfo untuk memasukan data ke bank, setelah itu orang tua diharapkan untuk membayarkan disana setelah pembayaran, lalu di proses pembuatan NIM-nya serta PIN. Setelah mendapatkan PIN mahasiswa menanti informasi selanjutnya yang ada di website, diusahakan di hari ini mahasiswa telah mendapatkan nim dengan pinnya,” jelasnya.

Dapat diketahui mahasiswa baru Untirta pada pendaftaran ulang jalur SNMPTN tahun ini, diharuskan langsung membayar uang kuliah tunggalnya. Selain itu, pada hari terakhir pelaksanaan terlihat disesaki oleh ratusan mahasiswa baru dan pendamping mahasiswa.

Tyo Ardiana, salah satu calon mahasiswa baru Fakultas Hukum Untirta menyayangkan proses daftar ulang yang dilakukan oleh pihak Untirta dirasa kurang efektif dan berjalan lambat, sehingga butuh waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

“Proses pelaksanaan daftar ulang ini kurang efektif dan pelayanannya cukup lama. Ditambah lagi dengan tempat yang kurang luas sehingga para maba (mahasiswa baru) berdesak-desakan didalam tenda itu,” tutur mahasiswa yang mendapatkan UKT sebesar Rp 3.500.000 ini.(Lala, Syifa/BU)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply