Relawan KBM FISIP Mengajar di Kampung Cikampak

Relawan KBM FISIP Mengajar di Kampung Cikampak

0 851
Mahasiswa FISIP yang menjadi relawan sedang mengajar anak-anak Kampung Cikampak Desa Sukajaya Kamis (3/4). Kegiatan tersebut berlangsung atas kerjasama BEM FISIP dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. (Awwal/BU)

Bidikutama.com, Untirta - Terinspirasi dari Tridarma Perguruan Tinggi poin ketiga tentang pengabdian kepada masyarakat, BEM FISIP  Untirta bekerja sama dengan  Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)  selenggarakan program kerja mengajar anak usia 5 sampai 12 tahun. Kegiatan yang berlangsung  di taman baca MRI yang beralamat dari Jalan A.Waluh Kampung Cikampak Desa Sukajaya Kecamatan Curug Kota Serang tersebut merupakan tempat pelaksanaan“Relawan mengajar KBM FISIP” dan sudah berlangsung sejak akhir bulan Maret lalu. Relawan mengajar tersebut dibentuk didasari oleh berbagai permasalahan yaitu kurangnya tenaga pengajar, kurangnya fasilitas dan minimnya perhatian pemerintah untuk taman baca MRI tersebut.

Setiap Senin – Kamis siang pada pukul 13.00 – 15.00 WIB para relawan telah bersiap di Taman Baca untuk mengajar anak-anak penduduk desa Sukajaya dan melakukan serangkaian kegiatan yaitu, mengajarkan baca, tulis, hitung dan  baca tulis qur’an (btq) dengan suasana bermain sambil belajar. Untuk sistem pengajarannya anak-anak dibagi menjadi dua kelompok, yaitu belum sekolah dan sekolah dasar kelas satu sampai enam. Untuk anak belum sekolah sampai kelas tiga Sekolah Dasar (SD) difokuskan diberi materi tentang baca, tulis, hitung dan kelas empat sampai kelas enam diarahkan untuk lebih banyak membaca buku dan diberikan tambahan pembelajaran yang mereka dapat di sekolah.

“Kita anak FISIP harapannya tidak fokus saja dimasalah politik, tapi menjalankan landasan sebagai mahasiswa sosial juga. Kenapa BEM FISIP mengangkat program ini karena sebelumnya saya juga relawan dari MRI yang bertanggung jawab atas taman baca ini, kebetulan saya berkesempatan jadi petinggi BEM FISIP makanya saya berusaha mengajak kepada mahasiswa FISIP bahkan mahasiwa Untirta lainnya untuk ikut mengabdi disini karena jujur disini kurang tenaga pengajar karena sebelumnya disini hanya dikelola oleh masyarakat sekitar yang berjumlah dua orang,” ujar Ridwan Hapipi Wakil Ketua BEM Fisip.

Tanpa melupakan segi hiburan, para relawan yang mengajari sekitar 30 anak desa Sukajaya  juga menyajikan kegiatan yang tentunya dapat memberikan keceriaan bagi anak-anak di desa setempat. Hal ini dilakukan dengan melakukan kegiatan games yang melibatkan anak-anak desa dengan tujuan menambah kekompakan.

Hingga saat ini kegiatan yang dijalankan  KBM FISIP masih terus berlanjut. Mereka sangat berharap agar lebih banyak lagi relawan yang mau bergabung. Karena dengan terlibat dalam kegiatan sosial seperti ini semakin meningkatkan kepekaan sosial terutama kepada masyarakat sekitar.(Rizhar/BU)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply