UKM Baru Bagi Wirausahawan Muda Untirta

UKM Baru Bagi Wirausahawan Muda Untirta

0 133
Kegiatan Audiensi perwakilan mahasiswa yang akan mendirikan unit kegiatan mahasiswa (UKM) dengan pihak rektorat, Senin (27/11). (Fajri/BU)

Bidikutama.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), kini semakin menunjukkan eksistensinya. Terbukti dengan akan hadirnya sebuah UKM baru yakni UKM Kewirausahaan. Berawal dari sebatas komunitas usaha, beberapa penggiatnya berniat menjadikannya sebuah UKM yang berfokus dibidang kewirausahaan.

Pengagas UKM Kewirausahaan Fajri Nugraha mengungkapkan dalam komunitas tergabung sembilan wirausahawan yang bergelut di bidang kewirausahaannya masing-masing. Komunitas ini dibentuk sejak tahun 2015, sebenarnya komunitas Kewirausahaan ini telah merencanakan akan membentuk UKM Kewirausahaan sejak tahun 2015-2016. Namun baru dapat terealisasikan pada tahun ini untuk dijadikan sebuah UKM di Untirta.

“Tujuan di bentuknya UKM ini untuk meningkatkan kesadaran akan kewirausahaan dikalangan mahasiswa dan dapat menciptakan wirausahaan muda yang profesional. Kemudian melihat tingkat pertumbuhan pemuda di Indonesia dan minimnya lapangan pekerjaan menjadi salah satu alasan kami membentuk UKM ini dan kita pun sinergis dengan KEMENRISTEKDIKTI karena terdapat program di bidang kewirausahaan untuk membentuk wirausaha muda” Ujarnya mahasiswa Teknik Elektro ini.

Di sisi lain, Untirta sudah memiliki UKM yang bergelut dibidang koperasi dan wirausaha yakni Kokesma. Ketua Kokesma Kudus Jaelani sendiri mengaku tidak keberatan dengan adanya UKM baru ini. Karena menurutnya, Kokesma tidak hanya berfokus dalam bidang kewirausahaan. Kokesma juga mendukung kegiatan yang terfokus dalam bidang kewirausahaan dan saling berhubugan satu sama lain, antara UKM Kokesma dan UKM Kewirausahaan kedepannya.

“Kita harus tetap bersinegri dengan UKM manapun dan Organisasi Mahasiswa lainnya. karena Kokesma adalah usaha mensinergikan dari usaha satu dan usaha lainnya,” tutur pria yang dipanggil Kudus itu.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Forum UKM Nur Arif R menjelaskan harus ada bukti nyata UKM Kewirausahaan sebelum dilakukan pengesahan, seperti pembuatan produk dan merknya dapat di perlihatkan sebagai hasil.

“Harus menunggu keputusan dari pihak Rektorat, dan di harapkan tahun 2018 mendatang UKM Kewirausahaan dapat diresmikan. Pihak rektorat sangatlah setuju dengan di adakannya UKM Kewirausahaan ini, karena sesuai dengan harapan rektorat yang akan meciptakan 50 wirausahawan pertahun,” ujarnya.

Harapannya, lanjut Arif, UKM Kokesma dan UKM Kewirausahaan saling melingkapi satu sama lain, dan dapat membentuk kader wirausahawan muda di Untirta.

Penulis : Akm, Ssl, Kika, Novi/BU

Editor: LCS/BU

NO COMMENTS

Leave a Reply