Untirta Terima 2.600 Mahasiswa Baru Tahun 2014

Untirta Terima 2.600 Mahasiswa Baru Tahun 2014

0 485
(foto: bidikutama.com)

Bidikutama.com, Untirta - Mendekati tahun ajaran baru, Untirta kembali menyelenggarakan seleksi masuk perguruan tinggi untuk menjaring para calon mahasiswa. Sama seperti beberapa tahun sebelumnya, kali ini Untirta membuka dalam beberapa jalur penerimaan.

“Pada tahun ini hanya ada tiga jalur masuk saja, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),  Seleksi Masuk Bersama Pergutuan Tinggi Negeri (SMBPTN) dan Ujian Mandiri. Untuk teknis persentase pembagiannya SNMPTN 50%, SMBPTN 30%, dan ujian mandiri 20%  dari daya tampung Untirta secara keseluruhan yang menerima sebanyak 2.600 mahasiswa baru,” ujar Agustiar, Humas Untirta menyampaikan pada Senin (24/3).

Untuk jalur SNMPTN, dua tahun belakangan ini dilalui tanpa ujian tertulis. Khusus ujian tertulis hanya ada di SBMPTN dan jalur mandiri saja. Penilaian yang didapatkan SNMPTN diperoleh dari hasil input data nilai rapot oleh pihak sekolah yang diinputkan melalui PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). Jalur pendaftaran SNMPTN yang pertama di selenggarakan sampai tanggal 31 Maret 2014 dan jalur kedua di buka pada tanggal 12 Mei 2014.

Terkait pemilihan perguruan tinggi dalam SNMPTN, maksimal peserta SNMPTN hanya dapat memilih dua perguruan tinggi negeri saja. Jika hanya memilih satu, peserta dapat memilih perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Sedangkan peserta yang memilih dua, salah satu perguruan tinggi negeri yang dipilih harus berada di wilayah SMA/SMK peserta. Contohnya jika ada peserta yang berada di provinsi Banten dan memilih dua perguruan tinggi negeri salah satu yang dipilihnya harus perguruan tinggi negeri yang berada di Banten yaitu Untirta.

Kemudian untuk pemilihan jurusan dalam SNMPTN maksimal peserta hanya dapat memilih tiga jurusan. Jika memilih dua perguruan tinggi negeri, satu perguruan tinggi dapat mengambil satu jurusan dan satu perguruan tinggi lainnya dapat mengambil dua jurusan. Sedangkan jika hanya memilih satu perguruan tinggi negeri dapat mengambil tiga jurusan.(Muammar,Lilla/BU)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply