Upaya Peningkatan Kompetensi Guru BK dengan PTK-BK

Upaya Peningkatan Kompetensi Guru BK dengan PTK-BK

0 498
Suasana seminar PTK-BK di Aula Fakultas Teknik UNTIRTA, Cilegon Rabu,(14/12). Dimana kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kinerja dan mengukur kemampuan serta keterampilan guru BK dalam proses pembimbingan kepada siswa. (Novi Hermawati/BU)

Bidikutama.com – Jurusan Bimbingan Konseling (BK) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa bekerjasama dengan Majelis Guru Bimbingan Konseling (MGBK) mengadakan seminar Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling (PTK-BK) di Aula Fakultas Teknik, Cilegon, Rabu (14/12). Dimana acara ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas guru Bimbingan Konseling (BK) dan Konselor pendidikan.

Ketua Pelaksana, Ibrahim Al-Hakim menjelaskan bahwa seminar ini akan memiliki agenda lanjutan yaitu workshop PTK-BK. Workshop PTK-BK akan di laksanakan pada tanggal 17 Desember 2016 sampai  Maret 2017 mendatang. Dimana ini sebagai upaya meningkatkan kinerja dan mengukur kemampuan serta keterampilan guru BK dalam proses pembimbingan kepada siswa.

“Workshop tersebut akan dilaksanakan setiap satu minggu sekali dengan pembagian 10 sesi pertemuan. Para peserta pelatihan PTK-BK di dampingi oleh 2 pakar-pakar ahli PTK-BK, yang nantinya akan di bagi perkelas dengan jumlah 25 peserta dan diakhir rangkaian workshop peserta juga harus menyerahkan laporan hasil PTK-BK guna untuk kepentingan guru BK itu sendiri,” ujarnya kepada tim Bidik.

Ibrahim juga menambahkan bahwa pihaknya sebagai penyelenggara hanya sebagai pendamping dalam pembuatan laporan PTK-BK dan tidak ada sangkut pautnya dalam membantu proses pembuatan laporan PTK-BK. Sejauh ini banyak sekali guru yang tidak berlatar belakang pendidikan Bimbingan Konseling yang menjadi guru BK, namun selagi guru tersebut telah membuat laporan PTK-BK dan mampu untuk menjadi guru BK itu tidak menjadi masalah.

 Acara ini dihadiri oleh sekitar 208 gabungan dari guru BK dan mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling se-Provinsi Banten. Tak terkecuali dengan Ratu Arinda, Mahasiswa Jurusan BK ini turut menghadiri seminar tersebut.

“ Seminarnya seru, pertama kali bekerja sama dengan MGBK se-Banten, berkesempatan bertemu dengan guru BK berpengalaman dan bisa mendapatkan ilmu yang bermafaat juga,” ungkapnya saat ditemui seusai acara.

Penulis             :Nahrulia Endah,Novi Hermawati/BU
Editor              : Alfiyanita/BU

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply