Batu Lawang, Pesona dibalik Kota Industri

Batu Lawang, Pesona dibalik Kota Industri

0 204
Pengunjung Batu Lawang yang sedang menikmati pemandangan kota Cilegon. (Megah/Bu)

BidikUtama.com – Provinsi Banten, memiliki suatu kota yang terkenal dengan kota industrialnya yaitu Kota Cilegon. Namun, dibalik itu semua Kota Cilegon mempunyai suatu keindahan yang tersembunyi yaitu Batu Lawang. Tempat wisata Batu Lawang terletak di Jalan Batu Lawang, Desa Purud Lampung, Gerem, Grogol, Kota Cilegon, Banten. Tempat wisata ini sangat berpotensi untuk dijadikan “the most wanted” di Provinsi Banten.

Batu Lawang, tak hanya menawarkan keindahan bebatuan saja di tempat ini. Akan tetapi, dari ketinggian Bukit Batu Lawang ini kita bisa melihat keindahan Provinsi Banten. Untuk melihat keindahan tersebut, perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan melelahkan. Meskipun cukup jauh dan melelahkan, jalur untuk menuju ke tempat ini sudah cukup bagus, sehingga memudahkan pengguna kendaraan beroda dua untuk mencapai ke puncak.

Akses untuk mencapai ke puncak bukit batu lawang, terlebih dahulu kita harus melewati jalur setapak yang licin nan curam. Maka dari itu, untuk kamu yang ingin berlibur ke tempat ini disarankan untuk memakai alas kaki yang nyaman, seperti sepatu atau sandal gunung dan tetap  berhati-hati sepanjang perjalanan mencapai ke puncak.

Saat mencapai puncak di bukit Batu Lawang itu sendiri kami disuguhi oleh panorama yang sangat indah. Dari puncak bukit batu lawang itu sendiri, kita bisa melihat kota cilegon dari atas, di sebelah kanan dan kiri  kita bisa melihat hamparan pantai yang indah, tak hanya itu kita juga bisa melihat penampakan siluet gunung pinang,  dan perbukitan yang menggelilingi tempat ini.

Bagi kalian yang ingin berwisata dengan budget yang minim, kalian bisa mencoba untuk ke tempat ini. Karena, lokasi untuk mencapai ke  tempat ini cukup  strategis dan tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya terutama hari Sabtu dan Minggu. Tempat ini dibuka untuk umum, dan akan ditutup pukul 17:00 WIB. Untuk menuju ke tempat ini, kamu bisa memulai perjalanan dari daerah Damkar, kemudian menuju Grogol. Setelah itu berbelok sisi ke kanan menuju Jl. H. Leman Pintu Air yang di tandai adanya minimarket dan pangkalan ojek di sisi kanan jalan.

Jika kalian ingin menaiki kendaraan umum, kalian bisa naik angkutan ke arah Grogol dengan biaya Rp 5.000 dan turun di Jl. H. Leman Pintu Air. Kemudian untuk melanjutkan perjalanan kalian dapat menggunakan ojek sekitar Rp 20.000. Dan bagi kalian yang membawa kendaraan beroda dua, cukup menyisihkan uang untuk parkir saja Rp 5.000/motor.

Sesampainya di atas puncak cukup banyak wisatawan yang datang. Ada yang sekedar bersantai,maupun berfoto-foto. “Bagus banget pemandangan disini, sejuk dan asri. Tetap jaga kebersihan dan jangan merusak tempat ini. Karena, sebagai generasi muda  kita harus memelihara lingkungan agar tidak tercemar.” tutur Fajar Sidiq salah satu pengunjung.

Penulis : Novi Hermawati/BU
Editor    : Megah Putri. T/BU

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply