Imogiri, Alternatif Ketika Berwisata di Yogyakarta

Imogiri, Alternatif Ketika Berwisata di Yogyakarta

0 694
Salah satu pengunjung sedang mengambil gambar keindahan alam yang dapat dilihat dari atas Kebun Buah Mangunan (Awal/BU)

Bidikutama.com – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau biasa disebut Jogja mungkin sudah tak asing ditelinga kita. Wilayah yang khas dengan Istana Keraton dan candi-candinya ini sudah menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi wisatawan. Namun untuk sebagian orang yang sering mendatangi Kota Jogja mungkin bingung harus kemana lagi tempat yang dapat dikunjungi.

Di Selatan Jogja terdapat kawasan Imogiri, Kabupaten Bantul tepatnya di Kecamatan Dlingo terdapat Kebun Buah Mangunan, menyajikan pemandangan berbeda yang tidak dapat kita rasakan di Kota. Ditempuh satu jam perjalanan dengan kendaraan bermotor kita akan melawati jalanan menanjak menuju lokasi Kebun Buah yang berada diketinggian sekitar 150-200 mdpl dengan luas area mencapai 23,3 hektar.

Sesampainya di Kebun Buah Mangunan kita disungguhi oleh banyaknya rumah pohon yang berbaris, cocok untuk berfoto dan menikmati udara yang cukup dingin walaupun disiang hari. Tidak sampai disitu, penulis jalan ke arah bawah dan menemukan tempat tujuan utama yang bisa dibilang surga mata untuk wisatawan yang sudah lelah dengan kehidupan di perkotaan.

Betapa tidak seluruh kawasan Imogiri dapat terlihat dari atas sini, dari jembatan sampai aktivitas warga di sepanjang sungai juga terlihat.

“Sebenarnya lebih asik lagi jika datang pagi hari untuk melihat sunrise sambil merasakan udara sejuk yang kadang terasa nembus ke bagian tulang” ujar Radyt, mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta ketika ditemuin sedang mengabadikan momen di Kebun Buah Mangunan tersebut.

 Sayang tempat seindah ini masih ada saja ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab dengan mencoret – coret pagar, pohon, hingga bangunan untuk bersinggah tak luput dari tulisan – tulisan yang tak bernilai estetika.

Perjalanan pun tidak selesai disini, penulis menyempatkan diri untuk mendatangi Pohon Pinus Mangunan yang berjarak 15 menit dengan kendaraan bermotor dari Kebun Buah. Tak hanya pinus, terdapat pohon lain seperti mahoni, akasia, kemiri dan kayu putih juga ditanam di lahan yang luasnya kurang lebih 500 Ha ini.

Tempat yang ramai dikunjungi pemuda untuk ber-selfie ria ini memang direkomendasikan karena tempatnya yang sejuk dan asri membuat pengunjung betah berlama-lama.

Penulis : Aya/BU

Editor : Alfiyanita/BU

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply