Wisata Alam Rumah Dibalik Hutan Cidampit

Wisata Alam Rumah Dibalik Hutan Cidampit

0 2867
Bukit Cidampit, Kp.Cilandak Desa Sayar Kec. Taktakan terdapat sebuah objek wisata yang berada ditengah hutan Gunung Sayar. (Sofyan/BU)

Bidikutama.com - Banten miliki banyak pesona wisata alam yang indah. Tak cukup hanya dikenal dengan keindahan pantai dan wisata religinya kini terdapat sebuah tempat wisata murah meriah bagi kamu yang bosan dengan wisata ditengah kota. Tepatnya di Bukit Cidampit,Kp.Cilandak Desa Sayar Kec.Taktakan terdapat sebuah objek wisata yang berada ditengah hutan Gunung Sayar. Warga sekitar biasa menyebutnya dengan Rumah Hutan Cidampit.

Jika mendengar namanya sudah terbayang bukan bagaimana suasananya? Wisata alam ini menawarkan kenyaman dan kesejukan, di mana tidak ada polusi udara seperti yang biasa kita temukan di pusat perkotaan. Pemandangannya yang sejuk dan asri ini membuat banyak wisatawan makin banyak berkunjung.

Rumah Hutan milik Liem Oei Ping yang sudah mulai dibangun sejak 2005 ini selain dijadikan objek wisata bisa juga dijadikan tempat  berkemah. Untuk biaya penyewaan kemahnya sendiri, sang pemilik tidak mematok harga. Sang pemilik pun memfasilitasi tempat ini dengan lapangan badminton dan perpustakaan bagi masyarakat dan pengunjung.

fasilitas lapangan badminton juga ditawarkan di Rumah Hutan Cidampit. (Sofyan/BU)
fasilitas lapangan badminton juga ditawarkan di Rumah Hutan Cidampit. (Sofyan/BU)

Demi menjaga lingkungan agar tetap alami, maka kalian tidak akan menemukan aliran listrik. Tapi tidak perlu khawatir untuk yang berkemah akan disediakan genrator set (genset) sebagai pengganti listrik.Namun untuk bahan bakar dan perlengkapan lainnya dibawa sendiri oleh penyewa. Kemudian untuk para pengunjung juga tidak perlu repot-repot membawa makanan dari luar, karena disana tersedia warung untuk memenuhi kebutuhan kamu selama berwisata.

Walaupun wisata alam ini tergolong baru di Kota Serang, tak ada salahnya untuk mencoba melepas penat di Rumah Hutan Cidampit ini. Untuk menuju rumah hutan tersebut kamu bisa mulai dari daerah Taktakan, kemudian menuju Cilowong ke arah Mancak. Setelah itu ada pertigaan belok ke arahJl. 45 Desa Sayar.

Jika kalian ingin naik angkutan umum, kalian bisa naik angkutan kota kearah Mancak dengan biaya sekitar Rp.6000. Kemudian untuk masuk kedalam area Rumah Hutan kalian dapat menggunakan ojek sekitar Rp. 5000. Dan bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi,cukup menyisihkan uang untuk parkir saja. Sepeda motor Rp. 3000 dan mobil Rp.5000

Untuk masuk ke area asri Rumah Hutan ini tidak dipungut biaya atau gratis. Jadi cocok untuk kalian yang ingin berwisata tanpa harus menguras banyak biaya. Tempat ini tak pernah sepi pengunjung setiap harinya terutama pada hari Sabtu dan Minggu. Namun jika berkunjung jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian tempat wisata ini.

“Jika berkunjung ke rumah hutan ini, tolong jaga kebersihannya. Karena banyak pengunjung yang membawa makanan ke sini dan meninggalkan sampahnya disini.” Tutur Mariah salah satu pengelola Rumah Hutan Cidampit.

Penulis : Lira Cruzados, NadiyahWafa/BU

Editor : Kafafi/BU

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply