Bahaya Tidur di Sore Hari

Bahaya Tidur di Sore Hari

0 10017

Bidikutama.com – Tidur adalah kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Karena dengan tidur kita dapat mengistirahatkan tubuh setelah aktivitas yang padat dan melelahkan seharian. Tidur  juga merupakan prose alami yang dapat memenuhi kebutuhan alami manusia. Dengan tidur yang berkualitas,metabolisme dalam tubuh ditata kembali sehingga kembali ke keadaan normal.

Sebagian orang menyukai tidur siang , bahkan sampai berjam-jam hingga sore hari tiba. Namun, taukah jika kebiasaan tersebut dilakukan setiap hari, tidur di sore hari sangat tidak dianjurkan. Hal itu merupakan hal yang kurang baik untuk tubuh kita, mengapa ?

Alasannya adalah tidur sore dapat meningkatkan perubahan negatif  pada hormon, karena proses saat bangun di sore hari membebankan keadaan stress pada bagian tubuh. Terdapat pula penelitian yang menyebutkan bahwa tidur sore juga dapat membuat seseorang lebih sering mengalami mimpi buruk.

Berdasarkan peneliti dari Huazhong University of  Science and Technology di China juga menemukan bahwa tidur disiang hari tidak boleh lebih dari 30 menit. 24% dari orang yang sering tidur siang hingga sore hari memiliki kadar kolesterol dalam tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan 19% dari mereka yang tidak pernah tidur di waktu tersebut. Hasil penelitian yang ditemukanpun menyebutkan bahwa tidur sore hari dapat menurunkan tingkat ingatan seseorang.

Para ilmuwan mengatakan tidur sore yang kurang dari 30 menit atau tidak tidur sore sama sekali dapat mengurangi kemungkinan orang terkena diabetes. Dari penelitian disimpulkan bagi yang biasa tidur sore akan beresiko tinggi terkena penyakit diabetes, apalagi mereka yang kurang berolah raga.  Selain itu, seseorang yang tidur siang terlalu lama, maka pada malam harinya cenderung akan mengalami kesulitan tidur. Dengan adanya perubahan jam tidur, otomatis mengganggu siklus tubuh selama 24 jam, dan mempengaruhi tubuh dalam memproduksi insulin.

Nah, jadi bagi kalian yang masih suka tidur sampai kelewat sore, coba pikir-pikir kembali, emang mau pikun diusia muda ? Yuk, mulai sekarang kita ubah pola tidur kita dengan lebih teratur. biasakan tidur siang tidak lebih dari 30menit, dan tidur tidak terlalu larut di malam hari. Sehingga tubuh kita sehat dan menjalani kegiatan dengan semangat. (Pernita, Fenny/BU)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply