Atasi Mata Lelah Akibat Layar Komputer

Atasi Mata Lelah Akibat Layar Komputer

0 1740

Bidikutama.com - Menggunakan perangkat komputer atau laptop sudah menjadi bagian dari penunjang kehidupan dan sudah tidak dapat dipisahkan dari keseharian hidup. Di zaman yang sudah serba praktis ini, tentu anda mengerjakan tugas, berselancar di dunia maya, berkomunikasi, dan melakukan kegiatan lainnya sering dihabiskan di depan komputer.

Sebagai seorang mahasiswa, tentu anda sering berjam-jam berada di depan layar komputer untuk mengerjakan tugas kuliah dan skripsi. Hal ini membuat Beberapa dari kita tidak menyadari sudah terlalu lama berada di depan komputer.

Terlalu banyak menggunakan komputer juga tidak baik unutk kesehatan, karena dapat mengakibatkan mata menjadi mudah lelah sehingga penglihatan menjadi kabur, kepala terasa pusing dan mata berkedut.

Untuk mengatasi hal tersebut, apalagi buat anda yang sedang berjuang keras di depan komputer untuk ngerjain tugas dari dosen atau skripsi, ikuti tips berikut seperti ini

Sesuaikan serta atur tingkat kontras dan kecerahan layar komputer

Sebaiknya Anda mengatur pencahayaan pada layar komputer atau laptop. Tingkat kecerahan yang terlalu terang dapat membuat mata menjadi cepat lelah. Aturlah pencahayaan di bagian brightness pada layar komputer atau laptop anda dengan sesuai untuk menghindari hal ini.

Perhatikan Ukuran Font Pada Perangkat

Sesuaikan ukuran huruf atau font pada perangkat layar. Usahakan agar ukurannya tidak terlalu kecil. Hal tersebut agar Anda tidak sering mendekatkan muka untuk memicingkan mata saat menatap layar.  Hal Ini akan memberikan kenyamanan pada mata anda karena tidak terlalu bekerja keras saat  memandangi layar.

Mengatur pencahayaan dalam ruangan

Pada saat menggunakan komputer atau laptop,  usahakan sesuaikan pencahayaan ruangan. Tempat yang gelap dapat membuat mata Anda lebih cepat lelah saat menatap layar. Namun, ruangan yang terlampau terang pun akan membuat mata Anda tegang karena silau. Pastikan anda berada di ruangan yang mempunyai penerangan dengan tingkat pencahayaan yang cukup.

Beristirahat sejenak

Menatap layar komputer terlalu lama juga dapat menyebabkan mata menjadi tegang dan berkedut. Apabila Anda sudah merasa lelah, segeralah beristirahat sejenak dengan beranjak sambil melihat benda lain selama beberapa menit.

Pandanglah pada sesuatu yang luas

Jangan terpaku terus dengan layar komputer,  Anda dapat memindahkan pandangan ke area luas di sekitar layar untuk mengurangi ketegangan pada mata yang berguna untuk memfokuskan penglihatan jarak dekat.

Berkedip

Berkediplah  karena hal tersebut sangat penting untuk mata. Lakukan sesering mungkin untuk menjaga kelembaban, karena air mata yang ada pada kantong mata akan dikeluarkan untuk membasahi mata Anda.

Pijat pada  bagian wajah

 Pijat area disekitar wajah tanpa menggosok bagian mata Anda. Hal tersebut bisa mengendurkan syaraf di sekitar mata, melancarkan peredaran darah dan mengurangi ketegangan karena terlalu lama menatap layar.

Kompres dan percikan air pada mata

Anda bisa gunakan selembar handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Secara perlahan kompres handuk hangat itu ke bagian muka agar memberikan rasa nyaman. Selain itu  Anda juga bisa memercikkan sedikit air ke mata Lakukan jika mata Anda sudah terasa panas. Biarkan air itu perlahan mengering sendiri di mata, baru kemudian Anda bisa lanjutkan lagi menatap layar komputer.

Hal terpenting adalah Anda harus displin untuk melakukan hal-hal tersebut  secara berkala. Jangan sampai saat bekerja keras yang terjadi adalah kelelahan pada mata dan menurunkan  produktivitas. Semoga berguna dan bermanfaat. (Rizhar/BU)

SIMILAR ARTICLES

0 907

0 588

NO COMMENTS

Leave a Reply