Ada Apa Dengan Ospek Untirta?

Ada Apa Dengan Ospek Untirta?

0 1534
foto: net

Bidikutama.com – Tahun ajaran baru datang lagi nih. Selamat datang di dunia kampus kepada adik-adik Mahasiswa Baru atau yang lebih akrab disapa Maba. Kamu yang mahasiswa lama, pasti sedang mikir keras agar cepat lulus dan tidak ingin sampe jadi mahasiswa abadi kan? 

 Sebenarnya apa sih yang ditakutkan saat Ospek? Senior galak? Bullying? Atau takut diminta bawa sesuatu yang konyol? Banyak pertanyaan yang timbul di benak Maba tentang ospek mulai dari seniornya galak ngga sih? Nanti di ospek ada apa? Ospek ngapain aja sih kak? Bawa apa aja kak? Ospek tuh buat apaan sih?

 Ospek sendiri sebuah singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Kegiatan ini dilakukan di setiap kampus dalam rangka menyambut adik-adik maba, dengan gaya dan tradisi masing-masing kampus.

 Pada umumnya, ospek akan membagi kelompok yang berisi mahasiswa baru dari berbagai fakultas yang berbeda, dan akan didampingi oleh seorang mentor yang akan memberi arahan dan membantu mentee nya dari awal sampai akhir kegiatan ospek. Mentor ini biasa disebut ibu peri untuk para mentee, karena dialah yang akan selalu membantu mentee nya dan akan siap pasang badan melindungi mentee nya.

 Selain itu akan ada GDK (Gerakan Disiplin Kampus) yang akan membantu mendisiplinkan dan mengawasi agar selama kegiatan ospek dapat berjalan dengan lancar. Merekalah yang biasa ditakuti oleh para Maba. Biasanya GDK memiliki tampang yang garang dan tegas, tapi itu semua dilakukan demi menjalankan tugasnya. As long as kalian mengikuti aturan dan membawa apa yang telah diperintahkan, kalian akan bebas dari ancaman GDK.

 Barang bawaan yang diperintahkan juga tidak sulit, biasanya hanya barang-barang pribadi yang diperlukan seperti buku catatan, alat shalat, makanan untuk sarapan, minum, makan siang, dan obat-obatan pribadi.

 Manfaat ospek itu penting loh buat kalian, para Maba. Pertama yang paling utama, kalian akan tahu bagaimana kultur dari kampus baru kalian. Selain itu apa aja yang ada di dalam kampus, misalnya gedung pembelajarannya, pihak yang berwenang dalam rektorat, mekanisme dan sistem yang berlaku di dalamnya, dan masih banyak lagi.

 Lalu, dengan ospek juga kalian akan mengenal banyak teman baru dari berbagai daerah, di Untirta mayoritas berasal dari wilayah Banten. Karena di ospek Universitas akan dipertemukan dengan maba-maba dari berbagai fakultas dalam satu kelompok.

 Last but not least, kalian akan diperkenalkan dengan organisasi mahasiswa yang aktif di dalamnya. Antara  lain lembaga eksekutif dan lembaga legislatif. Pada lembaga eksekutif ada BEM Universitas, BEM Fakultas, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan. Sementara di legislatif ada MPM Universitas, DPM Universitas, dan DPM Fakultas.

Kemudian juga ada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang menampung kreativitas dan beragam bakat mahasiswa. Bagi mahasiswa yang memiliki bakat dan kemampuan tertentu dapat mengikuti UKM, khususnya yang berbakat dalam hal menulis, videografi dan fotografi yuk bergabung dengan UKM JURNALISTIK Untirta.

 Penulis : Aulia Monopo/BU

Editor  : Kafafi/BU

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply