Barang Sehari-hari yang Tidak Boleh Dipakai Bergantian

Barang Sehari-hari yang Tidak Boleh Dipakai Bergantian

0 3130

Bidikutama.com – Sebagai mahasiswa yang sering melakukan aktifitas, kita memerlukan beberapa alat penunjang. Tetapi saat menggunakan ataupun sesudahnya, seringkali kita kurang teliti dan sembarangan dengan kebersihan tiap barang tersebut.

Bahkan kita tidak sungkan untuk bergantian memakainya dengan orang lain, baik dengan teman maupun anggota keluarga lainnya. Mungkin banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa barang yang sering digunakan setiap harinya dapat menjadi sarang kuman dan penyakit.

Hasil penelitian dari beberapa lembaga menunjukkan , ada beberapa barang sehari-hari yang seharusnya tidak digunakan bergantian dengan orang lain. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk mengurangi risiko tertular virus dan infeksi lainnya yang sangat mudah menyebar.

Mulai sekarang kamu harus sedikit waspada, karena beberapa barang yang sangat familiar untung digunakan itu justru bisa jadi sarang kuman penyebab sakit. Mau tahu apa saja barang tersebut? Yuk kita ulas disini.

Handphone

Handphone (HP) menjadi sesuatu barang yang hampir dimiliki oleh semua anak kuliahan saat ini, baik karena fungsinya atau hanya sekedar buat gaya-gayaan saja. Saat ini banyak mahasiswa yang mempunyai kebiasaan untuk meletakan HP sembarangan, bahkan seringkali dipinjamkan ke teman-temannya.

Hati-hati buat para pembaca terutama yang memiliki HP touchscreen, tab dan gadget dengan layar touchscreen lainnya. Barang-barang ini diselubungi oleh banyak sekali kuman dan virus penyebab penyakit. Berdasarkan penelitian dari seorang ilmuan bernama Dr. Gerba. Solusi kecilnya, bersihkan layar sentuh anda dengan pembersih yang baik dan benar, usahakan sampai semua bekas kotoran akibat tangan yang menempel di gadget anda hilang.

Selain itu, ada sebuah studi lainnya yang mengatakan apabila panas yang dihasilkan dan uap air dari tubuh kita dapat menarik ribuan kuman dan kuman tersebut menempel di HP kita. Ini harus kamu waspadai. Jadi, sebaiknya beri kantung khusus untuk HP dan gadget kamu.

Laptop

Laptop sudah menjadi barang wajib untuk mahasiswa masa kini. Setiap ada tugas, pasti barang ini akan menjadi sahabat  yang selalu bisa diandalkan. Tapi sayangnya seringkali kita menyimpan laptop secara sembarangan, dan memperlakukannya dengan seenaknya hingga debu menumpuk di sekitarnya.

Mulai dari sekarang, cobalah untuk lebih peka lagi  terhadap kebersihan laptop kamu. Debu dan kotoran pada tubuh dan keyboard laptop bisa tertempel di jari. Tanpa sengaja, ketika sedang mengetik, jari itu kamu gunakan untuk makan atau memegang wajah dan mulut. Ini bahaya dan bikin bakteri masuk ke tubuh, bahkan bisa bikin muka kamu jadi jerawatan.

Bahkan studi lain mengatakan apabila kandungan bakteri pada keyboard yang kotor sama dengan kandungan bakteri pada dudukan toilet. Jadi rawatlah laptopmu dari sekarang dan beri wadah yang baik dan bersih untuk penyimpanannya.

Sikat gigi dan sisir

Bagi seorang mahasiswa, terutama anak kosan alat seperti sisir dan sikat gigi kadang-kadang digunakan secara bergantian baik karena tertukar atau karena alasan lain. Sikat gigi dapat menularkan HIV, hepatitis B dan C dan sedangkan sisir telah ditemukan dapat membawa Virus methicillin resistant staphylococcus aureus (MRSA) dan kuman lainnya.

Peneliti dari Universitas Manchester mengungkap bahwa sebanyak puluhan juta bakteri bisa bersarang di sikat gigi. Selain itu, virus penyebab penyakit dan jamur bisa berkembang biak di sana. Jadi, alangkah baiknya jika mengganti sikat gigi setiap 2 bulan sekali.

Bantal

rasanya hampir semua orang setuju kalau bantal yang nyaman adalah penunjang utama untuk menunjang tidur yang nyenyak. Namun, Anda sebaiknya berhati-hati karena terlalu lama menyimpan bantal favorit tanpa dicuci bisa membuat bantal menjadi sarang kuman dan bakteri.

Bakteri yang berkumpul pada bantal bisa menyebabkan gangguan pernapasan, gatal-gatal dan demam. Professor Jean Amberline, dari British Society for Allergy menyarankan untuk mengganti sarung bantal secara teratur, serta mengganti bantal setiap 2 tahun sekali. Saran dari saya, gantilah sarung bantal anda setiap 3-4 hari, dan usahakan untuk mencuci dan menjemur bantal anda.

Handuk

Handuk merupakan barang pribadi dan tidak disarankan  untuk digunakan secara bergantian, tahukah anda jika handuk sering dipakai bergantian akanmenjadi media penyebar kuman dan virus dari satu tubuh ke tubuh lainnya.

“alat mandi seperti handuk merupakan tempat perkembangbiakan yang sempurna bagi kuman karena lembab. Orang menggunakan handuk untuk mengeringkan daerah vital dan bukan hal tak mungkin Anda yang memakai handuk orang lain terkena bakteri fekal (bakteri yang terdapat dalam kotoran, darah atau urin),” ujar Dr Ron Cutler, seorang ahli mikrobiologi dari University of London.(Rizhar/BU)

SIMILAR ARTICLES

0 905

0 586

NO COMMENTS

Leave a Reply