Cerdas Menyikapi Media Massa

Cerdas Menyikapi Media Massa

0 706
(ilustrasi:NET)

Bidikutama.com – Media massa merupakan sarana penyebaran informasi secara langsung kepada masyarakat luas. Bentuk dari media massa yang ada saat ini sangat beragam mulai dari radio, televisi dan surat kabar yang tak hanya berbentuk media cetak namun juga media online. Tak hanya berikan hiburan dan informasi, media massa juga memiliki pengaruh dalam membentuk dan merubah perilaku masyarakat. Oleh sebab itu masyarakat perlu cerdas dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka melalui media massa.

Belakangan ini literasi media atau ajakan melek media sedang gencar disuarakan. Hal ini dilatarbelakangi karena kekhawatiran dari isi konten dalam media massa.Mulai dari acara-acara ditelevisi yang dianggap tak layak ditonton hingga berbagai macam tulisan di media cetak dan online yang menyuarakan kepentingan seseorang atau suatu golongan.  Gerakan melek media sendiri merupakan ajakan kepada masyarakat agar memiliki kemampuan untuk mengakses,menganalisis, mengevaluasi serta mampu mengkomunikasikan isi pesan media.

Pemerintah sudah banyak melakukan upaya-upaya untuk mengatasi berbagai penyalahgunaan media masa yang akan berdampak buruk bagi masyarakat terutama bagi anak-anak. Salah satu contoh upaya tersebut adalah masyarakat dapat langsung menyampaikan pengaduan melalui Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). KPI pun merupakan salah satu lembaga yang gencar menyuarakan gerakan Melek Media bagi masyarakat.

Tak cukup menunggu upaya pemerintah untuk menyikapi permasalahan yang berkaitan dengan media massa. Peran masyarakat sebagai penikmat media juga dituntut untuk dapat lebih berperan aktif dalam upaya mengatasi berbagai dampak negatif media massa.

Masyarakat seharusnya mulai membuka diri untuk berani menyuarakan baik buruknya suatu media. Berani memilah-milah berbagai informasi yang didapat. Tidak menyerap begitu saja berbagai informasi yang didapat. Kecerdasan dalam menanggapi atau mengkritisi suatu informasi juga menjadi hal yang sangat penting dalam menunjukan peran dalam menyikapi media masa.

Cerdas dalam menyikapi media massa ialah hal yang amat penting menjadi peran masyarakat sebagai pelaku dan penikmat media. Tak perlu menutup diri terhadap keberadaan media yang terus berkembang namun berani bersikap tegas terhadap media masa lah tindakan yang tepat. Sebarkan informasi positif dan kritisi dengan benar informasi yang negatif.

Penulis : UNI/BU

Editor : Alfiyanita/BU

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply