Hemat Ala Anak Kost

Hemat Ala Anak Kost

0 1794
(foto:net)

Bidikutama.com – Jadi anak kost itu ribet, itu salah satu penilaian saya saat sudah merasakannya. Tinggal di luar kota, jauh dari orangtua, harus mandiri dan harus hemat itu hal utama yang paling penting. Tidak semua orang bisa hidup hemat, tapi saat kalian menjadi anak kost, mau tidak mau harus lebih sering hemat untuk bertahan hidup di kota orang. Mau minta orangtua untuk transferin uang lagi tapi kurang enak, karena orangtua sudah terlalu sering transferin uang. Serba salah kan? Yuk kita ulas solusinya disini.

Berikut tips hemat ala anak kost:

1)      Puasa Senin dan Kamis

Untuk yang beragama muslim pasti sudah tahu puasa sunnah Senin dan Kamis. Seperti yang di lakukan oleh Nabi Muhammad SAW, beliau gemar puasa Senin dan Kamis karena amal perbuatan yang dilakukan pada hari Senin Kamis akan diampuni oleh Allah SWT. Selain mendapatkan pahala dari Allah SWT, kalian juga bisa menghemat lembaran pahlawan yang ada didompet agar tidak pergi gitu saja.

2)      Kurangin Keluar di Malam Minggu

Kalau zaman SMA kalian suka hang-out ditempat-tempat mahal biar dibilang “gahul” itu jelas menghabiskan uang yang tidak sedikit. Untuk anak kost perlu berfikir panjang hingga 1000 tahun lamanya untuk mengeluarkan uang diatas Rp. 50.000. Daripada hang-outyang kurang jelas apa yang ingin di bicarakan dan menyia-nyiakan waktu untuk sesuatu yang tidak penting, lebih baik mengerjakan tugas sambil makan mie instan yang di hancurkan.

3)      Jangan Terlalu Sering Jalan Sama Pacar

“Sayang ada film seru loh di bioskop, nonton yuk. Tapi kamu yang bayarin nonton sama makan ya, aku bayarin parkirnya”. Itu adalah percakapan yang biasa dilakukan oleh orang yang berpacaran, Kebayangkan kalau kalian keseringan pacaran bakal ngeluarin modal yang tidak sedikit. Kalau sekali jalan sama doikeluarin duit minimal Rp 100.000 itu sama aja dengan biaya hidup selama 3 hari. Kalau jalan sama doi dan menghabiskan duit Rp.100.000 itu artinya lo ga makan selama 3 hari???

Nah, selama status masih jadi anak kost mending jangan keseringan jalan sama pacar. Lebih baik duitnya ditabung untuk modal skripsi yang akan datang.

4)      Jangan sering-sering pergi ke mall

“Ih lucu, beli ah, ih gue belum punya warnanya, beli ah, ih inikan yang dipake Raisa pas manggung kemaren, beli ah”. Kebayangkan kalau pergi ke mall semua serba pengen dibeli. Sekedar cuci mata boleh, tapi jangan terlalu sering pergi ke mall. Kalau mau beli barang tersebut, Kalian harus tahu dulu kegunaan barang tersebut dan seberapa penting barang tersebut untuk ke depannya.

5)      Harus bisa nyuci dan masak

Banyak laundry murah yang ditawarkan disekitar lingkungan kostan. Tapi kita tidak tau apa laundry tersebut bersih atau tidak. Siapa tau aja laundry tersebut pake sabun seadanya untuk nyuci baju. Bukan jadi bersih yang ada baju lo jadi cepet kusam. Mulai sekarang belajar nyuci sama mamah atau teteh dari rumah, jadi sekarang supaya baju kalian lebih terjamin kebersihannya.

Kalau kostan menyediakan dapur umum itu bisa jadi surga tersendiri buat kalian. Karena bisa menghemat dengan cara masak sendiri. Kalian cukup beli kebutuhan selama sebulan dan masak sendiri. Daripada beli makanan diluar yang belum terjamin sehat dan bersihnya.(Inas/JOB)

SIMILAR ARTICLES

0 905

0 586

NO COMMENTS

Leave a Reply