Memperingati Hari Perempuan Internasional 8 Maret 2018

0
144
Net

Bidikutama.com – Hai sobat bidik! Kalian tau gak sih hari ini ada apa? Ya. Hari ini adalah Hari Perempuan Internasional.


Hari Perempuan Internasional merupakan satu event dunia yang merayakan pencapaian perempuan, dari bidang politik hingga sosial. Event ini juga menyuarakan kesetaraan gender.

Gerakan ini dimulai awal tahun 1900 dan diperingati setiap tanggal 8 Maret. Hari Perempuan Internasional tidak terkait dengan satu kelompok tertentu, namun melibatkan pemerintah, organisasi-organisasi perempuan, korporasi dan lembaga amal.

Peringatan Hari Perempuan Internasional dimeriahkan setiap tahun di seluruh dunia, seperti penampilan karya seni, diskusi, aksi turun ke jalan, kegiatan-kegiatan yang dibuat bersama jaringan, dan konferensi.

Tujuan dasar dari Hari Perempuan Internasional adalah mencapai kesetaraan gender secara utuh oleh perempuan di seluruh dunia. Namun sampai sekarang tujuan itu belum terealisasi. Misalnya, upah yang berbeda jauh antara pria dan wanita terjadi di seluruh dunia. Perempuan masih tidak diperlakukan setara dalam dunia bisnis dan politik. Data secara global menunjukkan pendidikan bagi perempuan, kesehatan, dan kekerasan masih lebih buruk dibandingkan pada kaum pria.

Dunia memperingati Hari Perempuan Internasional untuk mengakui ketidaksetaraan ini dan pada saat yang sama merayakan beberapa pencapaian perempuan yang telah mampu mengatasi berbagai hambatan terkait dengan ketidaksetaraan gender.

Bagaimana mengatasi ketidaksetaraan gender dalam memperingati hari perempuan internasional di Indonesia?

Pertama, mengakhiri segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan. Indonesia telah memiliki banyak kebijakan yang mendukung kesetaraan gender, seperti Undang-Undang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga, Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender, dan peraturan-peraturan yang diterbitkan kepala daerah. Kedua, menghapuskan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan, perdagangan orang dan eksploitasi seksual.

Selamat Hari Perempuan Internasional. Semoga para wanita di seluruh dunia bisa terpenuhi haknya, senantiasa mendapatkan perlindungan dari pemerintah atas kekerasan yang sering terjadi dan kesetaraan gender di muka umum.

Sumber :

https://dunia.tempo.co/amp/853577/kenapa-dunia-perlu-peringati-hari-perempuan-internasional

Enam Masalah Perempuan Indonesia

Penulis: LKA, MP, Eln/BU
Editor: umt/BU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here