Sejatinya, Kita adalah Seorang Pemimpin

Sejatinya, Kita adalah Seorang Pemimpin

0 541

Bidikutama.com  - Pemimpin adalah salah satu kata yang sering didengar dan disebutkan. Walaupun sering didengar dan disebutkan, beberapa orang banyak yang menghiraukan kata “pemimpin”. Kebanyakan dari mereka berpendapat jika membicarakan pemimpin berarti berbicara mengenai lingkup dalam organisasi dan politik. Padahal jika mereka tahu, pemimpin itu bukan hanya ruang lingkup dalam organisasi dan politik saja melainkan  dalam ruang lingkup individu. Pemimpin dalam ruang lingkup individu adalah diri sendiri dimana secara tidak langsung setiap individu adalah pemimpin yang memimpin dirinya sendiri.

Pemimpin adalah pemandu, penunjuk, penuntun dan komandan. Semua manusia telah ditakdirkan menjadi seorang pemimpin oleh Tuhan Yang Maha Esa. Kepemimpinan dalam diri, lahir secara alami dan merupakan suatu anugerah dari Tuhan. Dengan demikian, suka tidak suka, mau tidak mau, terpaksa atau tidak, manusia di muka bumi ini adalah pemimpin untuk dirinya sendiri.

Kepala Divisi Bidang Kajian HMJ Perikanan 2016 , Achmad Samsyauqi mengatakan bahwa pemimpin secara etimologi itu dilahirkan dan dibentuk, semua manusia yang ada di bumi ini dilahirkan menjadi pemimpin, sehingga sejak lahir manusia sudah mempunyai takdir menjadi seorang pemimpin.

“Pembentukan pemimpin biasanya dimulai dari keluarga, lingkungan sekitar dan organisasi. Dari pemimpin akan timbul istilah kepemimpinan. Kepemimpinan adalah gimana cara kita memimpin, apakah otoriter demokratis, jadi kepemimpinan itu lebih ke sifatnya, kalau pemimpin lebih ke subjek yang melakukan kepemimpinan itu.” Sambungnya

Pria kelahiran Bogor ini, juga mempunyai kriteria pemimpin yang baik, menurutnya menjadi pemimpin yang baik sangat penting dan berdampak di segala aspek. Kriteria pemimpin yang baik, di antaranya :

  1. Fleksibel

Mudah berbaur dengan siapa saja dan tidak  kaku sehingga pandai merangkul anggotanya.

  1. Tegas dan Bertanggung Jawab

Mengambil keputusan secara bijak dengan mengungkapkan apa keinginan anda tetapi tetap menghormati keinginan orang lain. Bertanggung jawab atas apa yang di ungkapkan , di lakukan dan dijanjikan maupun bertanggung jawab dengan keputusan yaitu  dengan menerima segala resiko yang timbul.

  1. Jujur dan Dapat dipercaya

Memberikan segala informasi dengan keterbukaan dan keluwesan sehingga dapat dipercaya oleh anggotanya.

  1. Adil dan Berjiwa Musyawarah

Selalu menempatkan sesuatu pada tempatnya dan berpegang pada kebenaran dan pemimpin harus Bermusyawarah agar tercapai kesepakatan bersama yang tidak menguntungkan atau  merugikan satu pihak , musyawarah disini agar kedua belah pihak sama-sama menyetujui.

  1. Cerdas

Merupakan point utama yang menentukan seberapa baik langkah yang diambil seorang pemimpin jika dihadapkan oleh suatu masalah dalam kelompoknya.

 Menjadi pemimpin tidaklah mudah, tetapi bukan berarti kita tidak mampu menjadi seorang pemimpin. Pemimpin yang baik harus mengusahakan kesempurnaan untuk kemajuan visinya baik pribadi maupun kelompok. Jadilah pemimpin yang baik untuk diri pribadi maupun kelompok.

Penulis :  Hanifah Fitriani/MBU

Editor : Alfiyanita/BU

SIMILAR ARTICLES

0 868

NO COMMENTS

Leave a Reply