Tips Sebelum Mengikuti Ospek

Tips Sebelum Mengikuti Ospek

0 918
Foto : Dok. Ukm Jurnalistik Untirta.

Bidikutama.com – Untuk kalian para mahasiswa baru, ospek adalah momen yang paling ditunggu-tunggu. Ada yang menunggu dengan perasaan senang, tapi tidak sedikit yang punya perasaan khawatir dengan ospek itu sendiri. Ospek itu sendiri adalah kegiatan awal bagi para peserta didik yang menempuh jenjang perguran tinggi. Dengan adanya kegiatan ini calon mahasiswa baru bisa mengenal dan mengetahui bagaimana seluk beluk kampus tersebut.

Namun terkadang ada beberapa ospek dari perguruan tinggi yang membuat membuat mahasiswa baru kebingungan untuk daftar atau mengikuti ospek tersebut. Berikut adalah tips sebelum mengikuti ospek :

1. Setelah kalian (calon mahasiswa baru) diterima di perguruan tinggi, segeralah mengulik website universitas tersebut.

Tidak hanya sekali, dua kali, melainkan berkali-kali membuka website universitas tersebut, atau mencari tahu melalui media sosial lainnya agar tidak kekurangan informasi.

 2. Budayakan bertanya kepada teman atau senior tanpa membesarkan gengsi.

 Karena ada pepatah bilang “malu bertanya sesat dijalan”dan percayakan pada sumber tertentu, jangan mudah percaya dengan “katanya”.

 3. Banyak mencari teman yang satu universitas.

 Karena sistem perkuliahan kampus berbedan dengan SMA, kalian harus pintar dan cermat dalam menjalin sebuah pertemanan yaa.

 4. Pastikan membuat checking list  barang bawaan ospek.

Membuat runtutan barang bawaan dan mengeceknya jika sudah dipenuhi membuat persiapan ospek kalian lebih maksimal. Tips ini perlu kalian coba. Barang bawaan yang kurang atau tertinggal akan membuat kalian kewalahan.

 5. Pastikan informasi yang kalian dapat itu akurat.

Punya  media sosial seperti facebook, twitter dan lain sebagainya karena saat ini informasi lebih mudah di dapat dari media sosial tersebut.

Mahasiswa sudah bukan berarti siswa, kalian sudah menyandang kata ‘Maha’ didepan kata siswa. Dengan arti lain kalian harus sudah mandiri, tak lain dalam hal mencari informasi. Informasi terkait kampus baru bisa kalian dapatkan dari website resmi kampus atau situs terkait. Kalian juga bisa mencari informasi seputar kampus di situs media kampus kalian, misalkan bidikutama.com Demikian tisp sebelum ospek, hal di atas bisa kalian lakukan agar tidak kebingungan saat menjelang ospek nanti.

 Penulis : Lira Cruzados/BU

Editor  : Alfiyanita/BU

NO COMMENTS

Leave a Reply