Sejarah UKM Jurnalistik Untirta

Sejarah UKM Jurnalistik Untirta

0 1905

PROFILE

UKM JURNALISTIK UNTIRTA

  1. Pendahuluan

Arus informasi yang terus menjadi suara perubahan di Indonesia, semakin memberikan ruang luas bagi kebebasan mendapatkan, memproses, dan menyajikan informasi demi kepentingan masyarakat di berbagai pelosok negeri ini.

Sebuah konsep “gerbang kebebasan” komunikasi dan informasi serta sebagai salah satu “pendobrak” gerbang era kebebasan, dunia jurnalistik merambah pada tingkatan yang lebih luas. Dengan semakin luasnya akses informasi dan makin banyaknya informasi yang bisa diperoleh, peluang terciptanya karya-karya jurnalistik yang lebih akurat, lebih komprehensif, lebih informatif, tentu juga semakin besar.

Pers Mahasiswa adalah bentuk yang paling signifikan dalam membantu perjuangan kebebasan maupun pembangunan moral bangsa yang dinamakan gerakan mahasiswa. Dalam gerakan mahasiswa bukan hanya melakukan pertunjukan kekuatan (show force) dengan kekuatan massa, tetapi juga dengan kekuatan intelektual yang dimilikinya. Salah satu manifestasi dari kekuatan intelektual tersebut adalah media, dalam hal ini media massa mahasiswa.

Berawal pada tahun 1908, pers mahasiswa mulai tercatat keberadaannya dengan terbitnya Hindia Poetra yang di nahkodai mahasiswa Indonesia di Belanda. Sejarah panjang pers mahasiswa Indonesia di awali pada tahun 1914 oleh Jong Java, Jong Celebes, Oesaga Pemoeda (1920), Soeara Moeda (1938), serta sederetan nama lainnya. Kemudian pada tahun 1958-1978, peran pers mahasiswa tumbuh subur. Bahkan sejarah mencatat Mahasiswa Indonesia sempat memiliki tiras 70.000 eksemplar.

Dari semangat perkembangan pers mahasiswa seperti yang dipaparkan di atas, maka terwujudlah satu nilai kebebasan dan demokratisasi dalam jiwa para jurnalis untuk terus menumbuh kembangkan semangat dalam memberikan yang terbaik penyampaian informasi secara jelas, luas, dan terarah.Sejarah UKM Jurnalistik Untirta

Dari pemaparan pada bagian pendahuluan itulah, akhirnya dengan semangat kami mendirikan kembali sebuah wadah aspirasi mahasiswa dalam memperoleh dan menyampaikan informasi yang dinamakan Pers Kampus dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Untirta. UKM Jurnalistik berkedudukan di Universitas Sultam Ageng Tirtayasa – Banten. UKM Jurnalistik merupakan organisasi intern kampus.

Perjalanan pendirian UKM Jurnalistik Untirta ini sangat panjang, setelah melewati proses verifikasi sidang umum musyawarah mahasiswa Untirta tanggal 24 Mei 2005, kami mulai menapaki langkah baru menuju kebebasan berkomunikasi dan informasi. Kini jumlah anggota UKM Jurnalistik terus bertambah dengan bergabungnya kawan-kawan dari seluruh Fakultas di Untirta.

Rapat Kerja (RAKER) pertama UKM Jurnalistik Untirta terlaksana pada tanggal 15 September 2005, akhirnya menetapkan dua divisi yang akan menggambarkan dan mengaplikasikan kegiatan di dunia jurnalistik, yaitu Divisi Broadcasting dan Divisi Media Cetak.

Departemen Pers Videografi adalah bidang yang mengakomodir semua kegiatan kejurnalistikan dalam bentuk media elektronik, baik televisi, radio, maupun film. Beberapa karya liputan pemberitaan kami dalam bentuk film, dokumenter, dll.

Departemen Pers Media Cetak adalah bidang yang mengakomodir semua kegiatan kejurnalistikan dalam bentuk media cetak atau sering disebut surat kabar. Dalam sejalannya perkembangan UKM Jurnalistik, berbagai pemberitahuan kampus dan rubrik lainnya yang kami sajikan dalam bentuk bulletin di setiap minggunya, dan dalam bentuk majalah Bidik Utama dengan edisi-edisi khusus.

Departemen Pers Fotografi adalah bidang yang mengakomodir semua kegiatan kejurnalistikan dalam hal foto memfoto, baik foto jurnalistik maupun foto art.

Dalam Kongres ketujuh (25 Januari 2014) UKM Jurnalistik mengganti nama Divisi (yang dipakai sejak tahun 2005-2013) menjadi nama Departemen (di tahun 2014), dengan menambah satu Departemen yaitu Departemen Pers Media Online.

UKM Jurnalistik berdasarkan konstitusi lembaga intern kampus dan prinsip-prinsip hak asasi manusia. UKM Jurnalistik berpedoman pada semangat dan prinsip-prinsip deklarasi Jurnalis 10 Mei 2000.

  1. Jurnalis memperjuangkan kemerdekaan setiap orang untuk menyatakan pendapat, memperoleh informasi, dan hak berkumpul dan berserikat.
  2. Jurnalis membela dan meningkatkan harkat, martabat, dan pengetahuan dalam membuat karya mahasiswa.

UKM Jurnalistik menggunakan lambang Bintang yang menjulang tinggi ke angkasa yang dikombinasi dengan warna kuning dan biru, dengan tulisan UKM Jurnalistik Untirta dengan warna hitam.

  • Kuning:Optimis, Harapan, Filosopi
  • Biru: Kepercayaan, Konservatif, Keamanan, Teknologi, Kebersiihan, Keteraturan
  • Hitam: Power, Kecanggihan

Pada tahun 2007 UKM Jurnalistik mengalami proses regenerasi pengurus dengan terselenggaranya kongres kedua pada bulan September 2006. Mengacu pada AD/ART UKM Jurnalistik pengurus periode 2005-2006 mengalami pergantian oleh pengurus 2006-2007. Dilatarbelakangi pengalaman 1 tahun bersama UKM Jurnalistik para pengurus 2006-2007 memiliki motivasi untuk tetap memperjuangkan kebebasan pers kampus dengan mempertahankan demokrasi kampus Untirta.

  • Nama – Nama Pendiri UKM Jurnalistik Untirta

FISIP: Eko Suwito, Jayadi, Ukon Furkon Sukanda, Abdul Moeis, Mario Sardadi, Andhika Perdana, Fuad Fauzi, S. Faizin, Tri Subarta, Christia Wijaya, Indah Deasy A, Andry, Rapih Herdiansayh.

TEKNIK: Subhan Nur Ulum, Adeh Budi I, Muhamad Hasuri, Ade Subhan, Messa, Evi.

FKIP: Faridza Apriliani, Rizka Eka Sumaryana, Yanuar Erlangga, Asep Mulyana.

  

  • E.   Visi dan Misi UKM Jurnalistik Untirta

 Adapun visi dan misi UKM Jurnalistik Untirta, yaiu:

Visi:

Membentuk para jurnalis yang berjiwa independen dan kreatif dikalangan mahasiswa Untirta

Misi:

  1. Menegakkan nilai-nilai demokrasi dan kebebasan pers.
  2. Memberikan informasi secara tepat, akurat, dan factual, setiap kegiatan seputarkampus.
  3. Memberikan kritik, koreksi, dan saran setiap hal yang berkaitan denga kegiatan kemahasiswaan dikampus.
  4. Membentuk kreatifitas mahasiswa dalam dunia media massa.

  • Produk UKM Jurnalistik

Produk yang kami hasilkan antara lain media kampus Majalah BIDIK UTAMA (Eksist dari 2006 hingga saat ini), Film Dokumenter, Pameran Foto, dll. dan yang baru hadir ialah media online Web Bidik Utama (www.bidikutama.com)

NO COMMENTS

Leave a Reply