Berita Mahasiswa Sudah Tahukah?

Aklamasi Warnai Pemilihan Rektor Untirta

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Periode 2019-2023 diputuskan secara aklamasi, melalui pemilihan tersebut Wakil Rektor I (WR I) Bidang Akademik, Fatah Sulaiman terpilih sebagai Rektor Untirta menggantikan Sholeh Hidayat. (26/6)

Dalam Rapat Senat Tertutup di Ruang Rapat Gedung Rektorat, Kampus A Untirta ini dihadiri oleh 37 anggota Senat Untirta dan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) yang pada kesempatan tersebut diwakilkan oleh pejabat kuasa menteri yakni Yusrial Bachtiar selaku Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti.

Kesepakatan tanpa pemungutan suara atau voting diambil setelah melalui persetujuan semua anggota senat yang hadir diawali dengan pernyataan dukungan dari dua calon Rektor yang bersaing yakni Tubagus Ismail dan Suherman.

“Dasar setiap pemilihan yaitu berdasar kepada UUD 1945 dan Pancasila ayat 4, jika semuanya sudah sepakat maka kita harus kembali kepada asas dasar, dan yang terpenting yaitu seluruh dokumen lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan,” ungkap Yusrial.

Ia menambahkan, proses pemilihan ini merupakan tradisi ciri khas bangsa Indonesia dan diharapkan ke depan, seperti yang selalu disampaikan oleh Menristekdikti, bahwa tidak mudah untuk memimpin perguruan tinggi. “Perubahan-perubahan yang begitu cepat harus kita antisipasi dan kita carikan cara untuk dapat melaksanakannya dengan sebaik mungkin,” katanya.

Secara terpisah, Mochamad Arifinal selaku anggota Senat sekaligus dosen Fakultas Hukum (FH) Untirta mengatakan bahwa prinsip dalam demokrasi dimulai dari prasyarat orang mencalon, proses penyaringan, dan sampai ke pemilihan, hal itu sudah dilakukan melalui tahapan-tahapan yang benar.

“Tahapan-tahapan itu merupakan benar, namun demikian ada usulan bahwa keputusan tertinggi itu sebenarnya hasil musyawarah, maka kami anggota Senat menyepakati berdasarkan musyawarah mufakat menunjuk pak Fatah Sulaiman, artinya sah secara hukum,” jelasnya.

Arifinal pun berharap dengan terpilihnya Rektor yang baru mampu melaksanakan kepemimpinannya di Untirta, serta dapat menjalankan amanah yang diberikan dengan sebaik mungkin selama menjabat sebagai Rektor.

Penulis: Fatur/BU
Editor: Thoby/BU

Write A Comment