Berita Mahasiswa Sudah Tahukah?

Aplikasi Sultan’s, Wadah Aspirasi dan Keluhan Sivitas Akademika

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Jumat (27/9) lalu, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) telah resmi mengoperasikan aplikasi bernama Sultan’s (Solusi Laporan Terkini Antar Sivitas). Aplikasi ini merupakan wadah bagi para sivitas akademika Untirta untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan. (15/10)

Fokus pada aplikasi ini dikhususkan untuk keluhan yang bersifat sarana dan prasarana (sarpras). Adapun setiap keluhan yang disampaikan akan ditampilkan pada tampilan dashboard dalam aplikasi tersebut, agar seluruh sivitas akademika mengetahui detail dari pengaduan.

“Di aplikasi ini banyak keluhan bersifat sarana dan prasarana di sekitar Untirta, dengan harapan orang membaca dan orang tidak akan bertanya ulang. Sebelum bertanya, orang tersebut dianjurkan untuk membaca terlebih dahulu agar tidak terjadi pertanyaan yang diulang,” tegas Kurnia Nugraha selaku Wakil Rektor (WR) II Bidang Umum dan Keuangan saat ditemui langsung oleh Tim Bidik Utama.

Kurnia menjelaskan, dalam hal adanya pengaduan akan dilakukan pengklasifikasian tergantung dari masalah sarpras apa yang diadukan. “Nanti akan muncul di situ (aplikasi Sultan’s), nanti misalkan ke Bagian Umum, nah nantikan Bagian Umum-nya yang menindaklanjuti nih, walaupun nanti ada klasifikasi yang responnya pendek, menengah, dan panjang,” jelasnya.

“Jadi, misalkan ada layanan pas jam layanan tidak ada orang, nah foto aja, klik pengaduan, lapor ‘jam segini tidak ada layanan’, (itu) gapapa, nanti adminnya konfirmasi, misalnya jam segitu sedang ada rapat atau apa,” lanjut Kurnia.

Kurnia juga menuturkan bahwa apabila merasa pengaduan belum selesai, bisa dimasukan lagi pengaduannya. Apabila tidak ada respon lagi dari pengadu, itu berarti dianggap selesai.

Melihat hal ini, Farida Mayangsari, mahasiswi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) angkatan 2017 mengungkapkan bahwa aplikasi Sultan’s ini masih terbilang sedikit yang mengetahuinya. Dirinya juga mempertanyakan apakah aplikasi ini masih kurang sosialisasi atau memang masih dalam masa tahapan pengembangan.

“Saya heran apakah kurang dalam mempromosikan dan mensosialisasikan aplikasi tersebut kepada mahasiswa Untirta, ataukah aplikasi ini masih dalam pengembangan seperti SPADA yang kurang persiapan,” ujar mahasiswi semester V itu.

Untuk bisa mengakses aplikasi Sultan’s ini, bisa membukanya di link sultan.untirta.ac.id ataupun dengan mengunduh aplikasinya di Play Store.

Reporter: Elni, Ubai/BU
Penulis: Rara, Ubai/BU
Editor: Thoby/BU

Write A Comment