Akademik Berita Mahasiswa

FK UI Berikan Pembinaan Kepada FK Untirta

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Saat ini Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) berada dalam pembinaan FK Universitas Indonesia (UI), baik itu dari segi manajemen, sosialisasi, maupun mekanisme tesnya. (21/5)

Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan, Kurnia Nugraha mengatakan bahwa FK UI sebagai pembina mengatur pula mengenai tenaga pengajarnya, yang tak lain berasal dari dosen-dosen FK UI.

Pertama-tama dosen yang mengajar FK Untirta berasal dari FK UI sepenuhnya. Kemudian dosen-dosen dari FK Untirta akan mendapat pendampingan terlebih dahulu sebelum memulai mengajar secara mandiri.

Untuk diketahui, alokasi kuota PMB untuk FK Untirta ini diberikan kepada lima orang per kabupaten/kota di Provinsi Banten. Sedangkan untuk 10 lainnya dialokasikan untuk umum.

“Kita berikan alokasi lima orang. Lima orang akan diseleksi berdasarkan kabupaten/kota. Mereka bersaing dan berkompetisi dengan daerah masing-masing,” jelas Kurnia.

Kurnia pun berharap nantinya FK Untirta bisa mandiri setelah mendapatkan pembinaan kurang lebih selama lima tahun. “Diharapkan lima tahun itu selesai, kita (FK Untirta) sudah mandiri,” tuturnya.

Sabilah Rosidin, mahasiswa jurusan Teknik Metalurgi, berharap selama lima tahun kedepan UI dapat memberikan pembinaan yang maksimal agar nantinya FK Untirta secara mandiri dapat menerapkannya.

Ia juga menambahkan, pembagian alokasi dirasa membatasi calon mahasiswa kedokteran yang memiliki potensi yang sama.

“Untuk pembagian kuota jika tujuannya untuk pemerataan daerah-daerah yang ada di provinsi Banten itu cukup baik, namun hanya saja bagi saya ini jadi membatasi calon-calon mahasiswa kedokteran yang seharusnya memiliki potensi yang sama untuk saling bersaing dalam satu daerah,” tutup Sabil.

Penulis: Elni/BU
Editor: Thoby/BU

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.