Berita Mahasiswa

FK Untirta Siap Membuka Penerimaan Mahasiswa Baru

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) akan segera membuka jalur pendaftaran mahasiswa baru yang pertama pada tahun ini.  (14/2)

Didirikannya FK Untirta ini didasari pada kondisi kesehatan yang buruk di Banten. Selain itu, dilihat dari segi fasilitas dan ketersediaan sumber daya manusia di Banten, tak sedikit tenaga medis yang dikirim dari luar Banten mengaku tidak  betah tinggal di Banten. Jika ini terus berlanjut, maka tingkat kesehatan di Banten akan sulit untuk membaik.

Rektor Untirta, Sholeh Hidayat mengungkapkan “Akhir Februari dan Maret kita bisa melaksanakan (penerimaan) mahasiswa baru, paling tidak Jalur Mandiri. Di antara Mei, Juni, Juli sudah kita umumkan hasilnya. Tenaga pengajar merekrut yang baru, juga memanfaatkan dokter-dokter yang ada di rumah sakit di Banten, baik itu Spesialis maupun yang Biomedik,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan “Kita harus mulai memikirkan anak-anak kita di Banten yang dengan jiwa juangnya untuk disekolahkan di Untirta dengan dibiayai oleh Pemerintah Daerah (Pemda), dan setelah selesainya belajar mahasiswa akan pulang ke daerahnya untuk bangun kesehatan. Sehingga jangan ada lagi gizi buruk, angka kematian bayi dan ibu yang masih tinggi dan perlu kita atasi bersama,” paparnya ketika ditemui tim Bidik Utama selepas mengisi talkshow di Radio Serang Gawe.

FK Untirta wajib diampu oleh perguruan tinggi kedokteran yang terakreditasi A, dan Universitas Indonesia (UI) yang dipilih menjadi mitra selain dekat dan yang terbaik. Rektor beserta Dekan FK UI  dengan pihak Untirta sudah sepaham, mereka ingin sekali membimbing Untirta dengan standar yang dilaksanakan oleh UI.

Kuota mahasiswa baru FK Untirta hanya untuk 50 orang, 40 orang dari Banten dan 10 mahasiswa dari umum. Untuk sementara, FK Untirta berlokasi di Kampus B Cilegon. Seiring berjalannya waktu, Untirta akan segera membangun gedung FK Untirta sendiri termasuk dengan rumah sakitnya.

Aan Hasanudin, mahasiswa semester 4 jurusan Ilmu Hukum Untirta turut memberikan tanggapan atas hadirnya Fakultas Kedokteran di Untirta “Menurut saya ya alhamdulillah kalo udah berdiri Fakultas Kedokteran, cuma mungkin harus cepat dibangun RS Untirta juga ya biar mahasiswanya bisa praktek. Tapi lebih baik membangun dulu, perbaikan sambil jalan. Daripada nunggu sempurna terus baru buka kan lama,” ujarnya.

Ia pun juga berharap nantinya fasilitas-fasilitas penunjang untuk belajar pada ilmu kedokteran secepatnya terealisasikan, terlebih Untirta telah bekerjasama dengan FK UI.

Penulis: Elni/BU
Editor: Thoby/BU

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.