Berita Mahasiswa

FT UNUD Berikan Sosialisasi PSDIT kepada FT Untirta

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Fakultas Teknik (FT) Universitas Udayana (UNUD) memberikan Sosialisasi Program Studi Doktor Ilmu Teknik (PSDIT) kepada FT Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Aula Dekanat FT, Kampus B Untirta, Selasa (17/9).

I Wayan Surata, pembicara dalam sosialisasi sekaligus dosen FT UNUD mengatakan bahwa promosi terhadap PSDIT FT UNUD merupakan alasan dilaksanakannya sosialisasi. Apalagi menurutnya PSDIT FT UNUD baru saja resmi dibuka.

“Jadi kami mensosialisasi, menyampaikan informasi bahwa di sana (FT UNUD) itu telah buka program insinyur doktor ilmu teknik. Kalau ada dari staf di sini yang mau studi di sana (FT UNUD), ya tentu saja kami dengan senang hati, karena persyaratan dosen ke depannya kan harus S3,” paparnya kepada Tim Bidik Utama.

Saat ditanya mengenai apa keunggulan dari PSDIT kampusnya, Surata menyebut bahwa adanya sektor pariwisata yang menjadi ikon kampus merupakan suatu nilai lebih. Menurutnya antara sektor pariwisata dengan PSDIT dapat dilakukan kolaborasi.

Meskipun begitu, untuk saat ini PSDIT FT UNUD yang telah terakreditasi B belum bisa menerima mahasiswa melalui jalur beasiswa, ini lantaran PSDIT baru saja dibuka.

“Mudah-mudahan nanti ada tindak lanjut dari rekan-rekan di sini untuk bisa melanjutkan studi di sana, di Universitas Udayana,” harap Surata di akhir wawancara.

Ketua Jurusan (Kajur) Teknik Industri FT Untirta, Putro Ferro Ferdinant yang juga merupakan peserta sosialisasi menuturkan, dari total 10 dosen Teknik Industri yang masih bergelar magister, ada kemungkinan di antara mereka untuk melanjutkan studi S3 di PSDIT FT UNUD.

“Dari (Teknik) Industri ada 10 dosen yang masih S2, kemungkinan dari 10 itu pasti ada lah yang punya rencana ke sana (PSDIT FT UNUD) gitu,” katanya.

Putro juga mengaku bahwa salah satu kendala bagi para dosen untuk melanjutkan studi S3 ialah sulitnya mendapat beasiswa. “Beasiswa ya, karena kalau ngga ada beasiswa berat. Cari beasiswa dulu, baru bidang ilmu, (tapi) harus relevan ya atau linear, jangan sampai engga sesuai,” imbuhnya.

“Ya kita tunggu kerja samanya, tindak lanjutnya, karena ini kan mau disampaikan ke pimpinan fakultas teknik juga, kira-kira bisa ngga nanti kerja sama jangka panjang sama Untirta gitu,” tutup Putro.

Reporter: Yovi/BU
Penulis: Fattah, Thoby/BU
Editor: Hani/BU

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.