Berita Mahasiswa

GenBI Banten Upayakan Pengembangan Ekraf di Banten

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Dalam rangka mengembangkan ekonomi kreatif (ekraf) di Banten, Generasi Baru Indonesia (GenBI) Provinsi Banten menyelenggarakan Banten Creative Festival (BCF) 2019 di Aula Lantai 2 Sjadzeli Hasan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, Sabtu (23/11) lalu. Acara ini juga merupakan perayaan ulang tahun ke-8 GenBI Banten.

Acara yang mengusung tema ‘Pesona Ekonomi Kreatif di Tanah Jawara’ ini menghadirkan tiga tokoh ekraf di Banten, yaitu Darwin Mahesa (CEO Kremov Pictures), Syafaat (Owner Rumah 90°), Nur Cholis (CEO Sanggar Wuni Kreasi), serta pengusaha muda sekaligus guest star acara, yakni Wirda Mansyur.

Kurang lebih sebanyak 500 peserta dan pengunjung hadir untuk menyaksikan kemeriahan acara BCF. Dalam acara tersebut juga turut dihadiri Pembina GenBI Banten, Renny Maharani, pihak BI, sivitas akademika Untirta dan UIN SMH Banten, pihak Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), dan tamu undangan lainnya. Acara dimulai sejak pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Ketua Pelaksana (Ketuplak) BCF 2019, Iqbal Arif Fazrulrahman berharap agar ekraf di Banten semakin berkembang selepas acara ini. Ia juga meminta agar mahasiswa turut andil dalam memajukan ekraf dengan menjadi pelaku atau pun konsumen.

“Semoga perkembangan ekraf di Banten bisa menjadi lebih baik, masyarakat bisa lebih sadar akan perkembangan ekonomi kreatif yang ada di Banten, masyarakat dan mahasiswa bisa turut andil dalam mengambil peran untuk memajukan ekraf di Banten baik menjadi pelaku ataupun konsumen,” tuturnya kepada Tim Bidik Utama.

Senada dengan Iqbal, Makhsus selaku Ketua Umum (Ketum) GenBI Banten juga mengatakan bahwa mahasiswa harus terjun langsung ke masyarakat untuk berkontribusi memajukan ekraf di Banten

“Minimal mau membantu mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat melalui program-program yang biasa mereka lakukan di lingkungan BEM-nya atau organisasi kampus lainnya, agar bersama-sama bergerak dan mengembangkan ekonomi kreatif di Banten,” sambungnya.

Nia Zulfah Nurmalia, salah satu pengunjung acara memberikan komentarnya. Menurutnya, acara BCF 2019 sangatlah berkesan oleh karena mampu menghadirkan pembicara-pembicara yang kreatif.

“Acaranya sangat berkesan dan sangat bagus, karena mengundang orang-orang yang sangat kreatif dan saya sendiri tidak bosan untuk mendengarkan mereka ketika berbicara. Semoga ke depannya bisa mengundang orang-orang yang lebih hebat lagi,” ungkapnya.

Adapun rangkaian kegiatan BCF meliputi penampilan tari tradisional Rampak Bedug, performance dance, band akustik, seminar, bazaar produk UMKM, doorprize, perlombaan (vlog dan mural art), dan games.

Reporter: Nurjanah/BU
Penulis: Nurjanah/BU
Editor: Thoby/BU

Write A Comment