Berita Mahasiswa

Ikabe Untirta, Borong Penghargaan Dalam Ajang POMDA

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Ikatan Bela Diri (IKABE) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) meraih 10 Emas, 7 Perak dan 20 Perunggu dalam kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) Banten Tahun 2018 dilaksanakan di Aula Kopasus, Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Serang dan Lapangan Futsal Yumaga. (5/12)

IKABE Untirta mendelegasikan kurang lebih 26 orang anggota. Ketua Umum IKABE, Andri Wiguna menjelaskan POMDA tahun ini IKABE Untirta sukses mendapatkan 4 emas, 2 perak, dan 8 perunggu dalam Cabang olahraga (Cabor) Shoriji Kempo, 3 emas, 2 perak, dan 4 perunggu dalam Cabor Taekwondo dan 3 emas, 2 perak, dan 4 perunggu dalam Cabor Karate.

“Kebetulan Pomda kali ini semua bela diri memperlombakan kategori laga tidak ada kategori seni, kecuali Pencak Silat 1 seni Tunggang Langgang. Pencak Silat sendiri mendapatkan 1 emas, 1 perak, dan 5 perunggu. Semuanya di hitung ke dalam perolehan Juara Umum untuk Shoriji Kempo mendapatkan total 4 emas, 2 perak, dan 8 perunggu. Selain itu, ada 1 emas dan 1 perunggu yang eksibisi. Eksibisi yaitu apabila peserta kurang dari 4 orang sehingga tidak masuk hitungan juara umum. Taekwondo sendiri mendapatkan 3 emas, 2 perak, dan 4 perunggu. Karate 3 emas, 2 perak, dan 4 perunggu,”jelasnya.

Andri juga menuturkan pelaksanaan setiap cabang perlombaan dilakukan pada waktu dan tempat yang berbeda-beda, seperti perlombaan Karate yang dilaksanakan pada tanggal 27 November di Lapangan Futsal Yumaga dan perlombaan Shoriji Kempo yang dilaksanakan pada tanggal 29 November di Aula MAN 2 Kota Serang.

Pada tahun sebelumnya, IKABE sudah pernah meraih kejuaraan pada ajang perlombaan POMDA Banten. Namun, pada tahun ini diadakan beberapa seleksi untuk setiap cabang bela dirinya dengan diadakan uji coba di Kejurnas Pencak Silat di Sukabumi yang mendapatkan Juara Umum tingkat 3 (tiga).

Anisa Lutfiah Salah satu atlet cabang olahraga Shoriji Kempo yang meraih medali emas, mengungkapkan “Hal yang sulit untuk menaklukkan lawan adalah yaitu mencetak poinnya soalnya kita harus mencetak poin dengan menendang dengan bunyi yang kencang karena pertahanannya tertutup kita harus cari celah dimana bisa cetak poin,”ungkapnya.

Ia pun berharap “semoga kedepannya perlombaannya makin lancar terus teknik-teknik nya makin bagus terus kita juga anak-anak bela dirinya makin bersemangat untuk latihan demi Untirta juga terus semoga anggota-anggota nya makin banyak juga,”pungkasnya.

 

 

Penulis : MM/BU

Reporter : Eva, Ana, Alma/BU

Editor : Rai/BU

Tulis Sebuah Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.