Berita Mahasiswa

IMCC 2019 Hadirkan Hal Baru

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Tirtayasa Moot Court Community (TMCC) selenggarakan Internal Moot Court Competition (IMCC) untuk yang kedua kalinya. IMCC Piala Dekan II Fakultas Hukum (FH) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Tahun 2019 ini diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 16 dan 17 Februari 2019.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang memilih lomba pada bidang tindak pidana umum, tahun ini TMCC memilih lomba pada bidang peradilan tindak pidana khusus.

“Tahun sebelumnya kita tidak ambil pidana khusus, kita ambil pidana umum. Namun karena kita sering mengikuti lomba tingkat nasional tentang korupsi, maka kita ambil itu,” jelas Marita Emiliana selaku Ketua Pelaksana IMCC 2019.

Selain itu, IMCC kali ini menggunakan dua format babak, babak penyisihan dan babak Final, artinya ada tim yang tampil sebanyak 2 kali.

“Lomba hari sabtu babak penyisihan, babak penyisihan itu mulai dari pembacaan surat dakwaan sampai pokok perkara terdakwa. Untuk keesokannya itu melanjutkan hingga ke putusan akhir,” ungkap mahasiswi semester 6 jurusan Ilmu Hukum itu.

Marita pun menilai bahwa lomba ini lebih sulit dibanding tahun sebelumnya, terutama pada bagian pemberkasan. Hal ini dikarenakan berkurangnya jumlah peserta yang ikut, yakni awalnya 10 tim menjadi tinggal 5 tim.

Salah satu peserta lomba IMCC 2019, Muhammad Fauzan mengatakan “IMCC tahun ini banyak sekali perubahan yang baik, salah satunya adalah semangat para pesertanya, didominasikan mahasiswa yang notabene masih menginjak semester 2. IMCC 2019 sangatlah memacu semangat serta pembelajaran yang sangat berarti bagi pesertanya,” tuturnya.

“Harapannya semoga IMCC selanjutnya lebih banyak peminatnya,” tutup pria yang tergabung dalam tim “Insan Cita” ini.

Reporter: Eva, Tomi/BU
Penulis: Thoby/BU
Editor: Hani/BU

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.