Akademik Berita Mahasiswa

Jadwal Pendaftaran dan Pelaksanaan PPLK Tak Serentak

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Jadwal Pendaftaran dan Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) tahun ini dikabarkan tak berjalan serentak. (4/9)

Seperti kita ketahui, PPLK merupakan mata kuliah praktik dengan bobot 4 sks yang merupakan pengaplikasian semua teori yang dipelajari selama kuliah untuk diterapkan di sekolah.

Dekan FKIP, Aceng Hasani mengatakan, terkait kabar mengenai mundurnya jadwal pendaftaran dan pelaksanaan PPLK berkaitan dengan komunikasi dengan pihak sekolah dan faktor dari universitas lain yang juga mengadakan PPLK, terutama di Banten.

“Mahasiswa sekarang punya pilihan, ada yang keluar negeri dan di dalam negeri. Kalaupun ada perubahan jadwal PPLK biasanya berkaitan dengan komunikasi dengan sekolah. Misalnya kita menjadwalkan ternyata ada juga yang PPLK dari tempat lain,” katanya.

“Sekolah juga diisi oleh perguruan tinggi lain, berarti ada perubahan, yaitu kita misal memilih sekolah lain atau menunggu yang PPLK-nya selesai,” lanjut Aceng.

Faktor lain juga dimungkinkan karena banyaknya mahasiswa yang mendaftar melalui online sehingga membuat sistem jaringannya bermasalah.

Dilihat dari laman http://fkip.untirta.ac.id/, diberitahukan bahwa mahasiswa yang tidak bisa memilih sekolah karena adanya keterangan kuota sudah terpenuhi dapat menghubungi pihak Unit Pelaksana PPLL (UP-PPLK) agar segera mendaftar ulang.

“Kita sebagai mahasiswa pasti kan mantau pemberitahuan udah dari awal tuh bahwa pelaksanaan PPLK mulai dari daftarnya, mulai dari pembekalannya sampai pelaksanaannya pun kita sudah tahu tanggalnya dari tanggal segitu. Namun, setelah sudah kita mendaftar itu, sekarang sistemnya online sudah mendaftar tapi ada pemberitahuan lagi entah itu banyak kendalanya entah dari koneksi internetnya karena banyaknya mahasiswa yang mendaftar PPLK itu membuat sistem jaringannya pun bermasalah itu salah satu kendalanya kalau dari online,” keluh Indah Suci Siti Rukhmana, mahasiswi semester VII jurusan PGSD.

“Sarannya lebih ke tahun depan semoga gak ada kendala lagi khususnya dari tiap jurusannya masing-masing. Tapi kalau sistem online kita gak bisa tahu ya kan, jadi online gitu lebih dimaksimalin lagi,” tutupnya.

Reporter: Dila, Ratu, Ubai, Yuan/BU
Penulis: Lalita/BU
Editor: Thoby/BU

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.