Berita Mahasiswa

Khawatir Disharmonisasi Peraturan, LDC Gelar Seminar Nasional

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Legal Drafting Community (LDC) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar Seminar Nasional Legal Drafting Community 2019 di Lantai 4 Gedung A, Kampus A Untirta, Sabtu (23/11). Seminar ini digelar atas dasar kekhawatiran karena ada sebagian peraturan pusat dan daerah yang disharmonisasi.

Mengangkat tema ‘Penataan Sistem Peraturan Perundang-Undangan dengan Berdasarkan Pancasila sebagai Sumber Segala Sumber Hukum Negara Indonesia’, LDC menghadirkan dua pembicara, yakni Afriman Oktavianus (Kelompok Pakar Tim Ahli DPRD Kota Serang) dan Ibnu Sina Candranegara (Pakar Hukum Tata Negara Universitas Muhammadiyah Jakarta).

Ibnu Sina Candranegara (kiri) saat hadir dalam seminar. (Foto: Dok. Pribadi)

Ketua Pelaksana (Ketuplak) seminar, Sri Yunengsih mengatakan, tahun ini merupakan kali kedua bagi LDC di dalam menggelar seminar. Adapun penyelenggaraan seminar merupakan program kerja (proker) dari Divisi Pelatihan LDC.

“Seminar itu merupakan salah satu program kerja yang dimiliki oleh divisi pelatihan LDC, dan seminar tersebut diadakan setahun sekali, dan ini merupakan yang kedua kalinya, yang tahun kemarin hanya seminar biasa, yaitu tentang legal opinion dan legal drafting,” ujarnya.

Saat ditanya soal antusiasme peserta, Sri mengungkapkan bahwa antusiasme mereka terbilang sudah cukup baik. Terlebih ada salah satu peserta yang berasal dari umum, yakni seorang notaris.

“Sudah lumayan (antusiasme pesertanya), karena kita membuat acara ini bisa dibilang singkat, karena kita tidak pakai waktu lama, soalnya kita cuma buka stan seminggu. Dan dalam waktu seminggu, alhamdulliah sudah menyebar, ada yang dari umum, dari Jakarta, dia notaris,” katanya.

Afriman Oktavianus (kiri) saat tengah menyampaikan materi dalam seminar. (Foto: Dok. Pribadi)

Sementara itu, Azi Ferdinandi selaku Ketua Umum (Ketum) LDC menuturkan bahwa nantinya seluruh peserta diharapkan dapat berkontribusi di dalam pembangunan hukum nasional. “Untuk kemudian memberikan kontribusi dalam pembangunan hukum nasional Indonesia serta memperbaiki sistem ketatanegaraan Indonesia,” tuturnya.

“Kita ingin coba bermitra dengan lembaga negara lain, yaitu MPR, dan kami sedang membuka ruang forum dengan pihak MPR terkait hal tersebut, tapi dengan konsep acara yang berbeda, karena sebelumnya kami sudah mencoba bermitra dalam acara ini, namun MPR belum bisa hadir dikarenakan kesibukan daripada MPR. Dan kami terus mendorong untuk dapat merealisasikan bentuk kerja sama ini dengan MPR di kemudian hari,” tutup Azi.

Untuk diketahui, seminar LDC kali ini berkolaborasi dengan Panitia Pekan Olahraga dan Kreativitas Mahasiswa (Pekim) Fakultas Hukum (FH) 2019.

Reporter: Thoby/BU
Penulis: Thoby/BU
Editor: Hani/BU

Write A Comment